Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Kegiatan Dandim / KEGIATAN KODIM 0419

Selasa, 30 April 2019 - 08:55 WIB

Kasdim 0419/Tanjab Beri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang diakibatkan oleh manusia, Kasdim 0419/Tanjab Mayor Chb Indra Wijaya berikan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan bertempat di Aula Kecamatan Bram Itam Raya jln. Simpang Teluk Nilau Kab. Tanjab Barat, Selasa (30/4/19).

Pada kesempatan tersebut, Mayor Chb Indra Wijaya selaku Kasdim menjelaskan peran serta TNI khususnya Kodim 0419/Tanjab dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang sesuai dengan UU TNI NO 34 TAHUN 2004 Tentang tugas Pokok TNI diantaranya tugas membantu menangulangi akibat bencana alam pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Dikatakan Kasdim bahwa peran serta TNI dalam pelestarian lingkungan menjadi sangat penting, oleh karena itu TNI juga berkewajiban memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya hutan bagi keseimbangan lingkungan.

BACA JUGA  Pasca Panen Padi, Babinsa Dampingi Petani Merontokkan Padi Hasil Panen.

“Dengan diadakannya sosilisasi ini, kita berharap kebakaran hutan dan lahan yang ada diwilayah Tanjab barat khususnya lahan gambut dapat kita cegah dan kita atasi sedini mungkin,” kata Mayor Indra.

“Kita juga dapat memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Tanjung Jabung Barat khususnya wilayah Kec. Bramitam agar lebih peduli membantu satgas karhutla supaya kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah dan diatasi,” sambungnya.

Selain itu Mayor Chb Indra Wijaya juga menjelaskan tentang Fungsi dan Tugas satgas karhutla peduli api kebakaran hutan dan lahan yang meliputi melaksanakan pemantauan HOTSPOT dan titik api, melaksanakan pemadaman dini, melaksanakan patroli rutin, melaksanakan sosilisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, melaksanakan pencegahan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan, melaksanakan inspeksi monitoring terhadap perusahaan perkebunan dan kehutanan, mengkoordinasi pelaksanaan pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara terencana terpadu dan menyeluruh, melaporkan seluruh kegiatan pencegahan dan peduliaan kebakaran hutan dan lahan kepada Danrem 042/Gapu secara berkala dan rutin.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Kelompok Tani Meninjau Padi

Tampak hadir dalan kegiatan ini Kasi Penanganan Kebakaran Prop Jambi Doni Usman S.H., Sekcam Bramitam Musa Ritonga, Kasi penanggulangan Bencana BPBD Tanjabbar Saiful Anwar, Kasi KPHP Hendra, Tomas, Toga, dan masyarakat wilayah Bramitam. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Patroli Karhutla Bersama Warga Desa Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Monitoring Pertumbuhan Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Koramil Tungkal Ulu Setiap Senin Jadi Inspektur Upacara Bendera.

BERITA

Persit KCK Cabang XXVI Dim 0419/Tanjab Gelar Jum’at Berkah Ibu Hetty Andika Perkasa (Kasad).

Berita Koramil

Persiapan Pilkada Serentak, Babinsa Kelurahan Teluk Dawan Hadiri Rapat Persiapan Pemilukada.

Berita Koramil

Babinsa Nipah Panjang Rutin Cek Alsintan Yang Dipinjam Poktan.

Berita Koramil

Babinsa Sabak Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi Kepada Masyarakat Untuk Cegah Karhutla.

BERITA

Dandim Tanjab : Perpindahan Tugas dan Perpindahan Jabatan Adalah Hal Yang Biasa Bagi Prajurit.