Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Kamis, 30 Mei 2019 - 05:59 WIB

Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Dampingi Petani Membersihkan Gulma Pengganggu Tanaman Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh subur pada lahan persawahan. Biasanya gulma tumbuh subur disela sela tanaman padi petani. Keberadaan gulma ini menjadi ganguan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman padi.

Guna meningkatkan produktifitas pertumbuhan tanaman petani tersebut, Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Serda Mujais Afarius turun kesawah membantu petani membersihkan gulma pengganggu tanaman padi, Kamis (30/5/19).

Kegiatan membantu petani membersihkan gulma ini dilakukan di lahan seluas 1,5 hektar milik bapak Wasito yang merupakan anggota kelompok tani Suka Maju Kelurahan Talang Babat Kec. Muara Sabak Barat Kab. Tanjab Timur.

BACA JUGA  Padatnya Kegiatan Babinsa, Pelda Sana Chandra Tetap Dampingi Petani Memanen Padi.

Dijelaskan Serda Mujais bahwa gulma dapat menurunkan hasil panen petani karena dengan membiarkan gulma tumbuh subur dapat menjadi pesaing utama padi dalam pengambilan unsur hara, air maupun pupuk yang diberikan oleh petani sehingga nitrisi yang seharusnya cukup untuk tanaman padi jadi berkurang karena gulma.

BACA JUGA  Personel Koramil 02/Tungkal Ulu Amankan Tabligh Akbar UAS.

Disamping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga jika kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan akan sangat merugikan.

Dalam kegiatan ini, Babinsa bersama petani membersihkan gulma secara alami dnegan cara dicabut agar tidak merusak tanaman padi. Pembersihan gulma inipun dilakukan pada saat padi mencapai umur 30 hari agar padi dapat tumbuh normal. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Danramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Panen Raya.

Artikel

Dampingi Petani, Babinsa Koramil 419-04/Np Panjang bantu petani merawat tanaman.

Berita Koramil

Babinsa Serda Ismed Bersama Petani Cek Jagung Yang Siap Panen.

Berita Koramil

Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-74, Babinsa Se Kecamatan Geragai Dampingi Wakapolda Jambi Salurkan Bansos Sembako.

Berita Koramil

Serka Edi Sofian, Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Membantu Bapak Sutrisno Memanen Padi.

BERITA

Dengan Penuh Semangat, Babinsa Bantu Petani Panen Padi.

BERITA

Jalin Kebersamaan,Babinsa Komunikasi Sosial Dengan Warga Desa.

Berita Koramil

Babinsa 01/Muara Sabak Serda Aminullah Bantu Petani Menyemai Benih Padi Jenis Inpara 3.