Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Sabtu, 22 Juni 2019 - 06:46 WIB

Sebagai Bintara Pembina Desa, Terus Kejar LTT Asep 2019 Dengan Langkah Awal Membersihkan Lahan Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada masa tanam ke dua, selain mendampingi Kelompok Tani, para Babinsa juga turun langsung kesawah membantu petani dalam mengolah lahan untuk persiapan masa tanam padi.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Gopal, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu yang dengan cekatan turun kesawah guna membantu bapak Luji membersihkan lahan sawahnya dari batang padi sisa panen, Sabtu (22/06/19).

“Membersihkan lahan sawah sangat penting untuk dilakukan para petani sebelum menggemburkan lahan pertanian,” kata Serka Juhendri.

BACA JUGA  Tim Kesehatan Kab. Tanjab Timur Lakukan Rapid Test Tahap 2 Kepada Jamaah Tabligh di Pantau Babinsa Pelda Liandri Lubis.

Serka Juhendri menambakan bahwa kegiatan membantu petani ini dilakukannya untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk percepatan masa tanam.

Menurutnya hal ini dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lagan sawahnya dengan alasan sibuk menjemur padi atau gabah hasil panen.

“Ini harus diingatkan dan disampaikan kepada para petani agar lahan sawah tidak terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang menganggur,” ujarnya.

Percepatan tanam padi terus dilakukan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai seorang aparat teritorial kewilayahan.

BACA JUGA  Babinsa Koramil Muara Sabak Hadiri Rakoor Dan Evaluasi Vaksinasi.

Selain bertugas mendampingi para petani agar kehidupan mereka lebih sejahtera, hal ini juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan diwilayah, sehingga swasembada pangan secara nasional dapat tercapai.

Sementara itu bapak Luji mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang telah ikut membantunya membersihkan lahan sawahnya. “Kami akan bersemangat untuk percepatan tanam, semoga hasil panen kami nanti akan sakin melimpah,” ungkap Luji. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa 02/TU dan Warga Relawan Melaksanakan Penyemprotan Disinfektan di Pemukiman Warga Desa Kampung Baru.

BERITA

Babinsa Seberang Kota Lakukan Patroli Karhutla.

BERITA

Upaya Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Babinsa Bagikan Masker Kepada Pengendara.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 01/MS Bersama Tim Terpadu Karhutla Posko Laksanakan Patroli Di Wilayah Kecamatan Dendang.

Berita Koramil

Sebagai Babinsa Rantau Makmur, Serda Muliadi Dampingi Petani Monitoring Tanaman Padi.

Berita Koramil

Babinsa Sertu Zainal Lakukan Monitoring Tanaman Padi Dengan Petani.

BERITA

Babinsa Jati Mulyo Sosialisasi Karhutla Kepada Warga Binaan.

Berita Koramil

Danramil 419-01/Muara Sabak Berikan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Karhutla Kepada Warga.