Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Minggu, 4 Agustus 2019 - 06:32 WIB

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Serda Yaumul Karim Berikan Himbauan Kepada Masyarakat Untuk Jangan Membakar Lahan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Disela-sela kegiatan patroli karhutla yang dilakukannya, Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Serda Yaumul Karim juga memberikan sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat.

Sosialisasi dan himbauan tersebut berisikan tentang bahaya dan dampak negatif dari kebakaran hutan dan lahan terhadap warga di Kelurahan Sriwijaya, Kec. Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Minggu (04/08/19).

Adanya kegiatan sosialisasi dan himbauan seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum masyarakat terhadap bahaya dan dampak negatif kebakaran hutan dan lahan.

“Tentunya yang menjadi sasaran sosialisasi ini adalah seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan,” ujar Serda Yaumul.

BACA JUGA  Serda Alek Purwanto : Kerukunan Terbentuk Dengan Seringnya Warga Berkumpul dan Saling Bertukar Pikiran.

“Hal hal yang tidak dibenarkan adalah membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara dibakar, membuang puntung rokok sembarangan maupun membuat api dekat lahan ataupun hutan karena hal tersebut sangat rentan membesar dan meluas,” terangnya.

Lebih lanjut Serda Yaumul Karim mengatakan bahwa aksi bakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga sebagai babinsa dirinya merasa perlu untuk mendatangi warga dan memberikan sosialisasi agar warga bisa sadar dan bersama-sama memerangi karhutla.

BACA JUGA  Babinsa Simpang Datuk Lakukan Komsos Dengan Warga Binaan.

“Caranya adalah dengan mendatangi warga desa untuk meningkatkan komunikasi sosial serta menyampaikan himbauan terkait larangan karhutla,” jelasnya.

“Pada prinsipnya warga sangat mendukung kegiatan ini dan akan bersama-sama menjaga hutan dan lahan agar tidak sampai terjadi kebakaran,” pungkasnya.

Sementara itu Danramil 419-03/Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandy mengatakan bahwa hal yang dilaksanakan oleh Babinsa tersebut sudah sesuai dengan arahan dan petunjuk Komandan Kodim yang memerintahkan seluruh jajaran untuk melakukan patroli dan sosialisasi karhutla sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Bersama Dandim, Koramil 03/Tungkal Ilir Peduli Sesame Warga Binaan.

BERITA

Pererat Silaturahmi, Babinsa Gelar Komsos Dengan Apartur Desa.

BERITA

Babinsa Bantu Petani Menanam Bibit Padi.

Berita Koramil

Selaku Pendamping Petani, Babinsa Membantu Menanam Padi Jenis Inpara 3.

BERITA

Berkah Ramadhan, Anggota Koramil 04/Nipah Panjang Bagikan Takjil Gratis Kepada Masyarakat.

BERITA

Jelang Idul Adha, Danramil Muara Sabak Dampingi Kapolres Tanjab Timur Membagikan Bansos Ke Masyarakat.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Bersinergi Dengan BKTM Mengatasi Kemacetan Akibat Laka Lalin.

Berita Koramil

Babinsa Lambur 1 Buatkan Jamban Sehat Untuk Pak Wajiran.