Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Senin, 26 Agustus 2019 - 07:35 WIB

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Bantu Petani Pada Pembajakan Lahan Persawahan di Desa Sri Agung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Menjelang persiapan masa tanam Asep 2019, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Daryun melaksanakan pendampingan terhadap petani pada pembajakan dan pengolahan lahan persawahan di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Senin (26/08/19).

Kegiatan pembajakan dan pengolahan lahan sawah ini dilakukan di lahan seluas ± 1 Hektare milik Bapak Sutejo anggota kelompok tani Karya Makmur Desa Sri Agung dengan menggunakan satu unit Traktor Tangan TR 2.

Serda Daryun saat dilokasi mengungkapkan, pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor TR 2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.

BACA JUGA  Komandan Koramil Nipah Panjang Hadiri Acara Peresmian Dan Launching Pos Samsat Rantau Rasau.

” Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan leluasa,” tutur Babinsa.

Sementara itu, pemilik lahan Bapak Sutejo mengatakan sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa dilapangan.

“Selain pendampingan langsung kesawah, Babinsa juga sering menghimbau para petani untuk mempercepat tanam padi seusai masa panen, mempersiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat sesuai petunjuk PPL setempat,” ujar Pak Sutejo.

BACA JUGA  Babinsa Cek Pertumbuhan Jagung Milik Warga Binaan.

Terpisah, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain menuturkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa, dalam rangka percepatan tanam dan memberikan contoh kepada para petani agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat guna mendukung program ketahanan pangan.

“Hal ini dilakukan untuk memotivasi para petani dalam pengolahan lahan menghadapi musim tanam okma guna penguatan kapasitas produksi pangan menuju pancapaian swasembada pangan,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Anjangsana Ke Rumah Warga Binaan.

BERITA

Babinsa Teluk Kijing Dampingi Warga Binaan Mengecek Pertumbuhan Tanaman Padi.

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Ilir Pantau Keberangkatan Kapal KMP Sembilang.

Berita Koramil

Babinsa Pelda Junaidi Hadiri Pertandingan FINAL Sepak Bola Camat CUP Dalam Rangka HUT Ke-74 RI.

BERITA

Babinsa Ajak Warga Binaan Terapkan Protokol Kesehatan.

BERITA

Babinsa koramil 419-02 Tungkal Ulu komsos dengan warga binaan.

BERITA

Babinsa Lakukan Pendampingan Peninjauan Penyiapan Lahan Tanam Padi.

Artikel

Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah: Upaya Menuju Lingkungan Bersih dan Sehat