Danramil 419-05/Geragai Turut Pimpim Sosialisasi Seismic Survey 3D dan 2D Di Aula Kantor Desa Pandan Makmur Danramil 419-02/Tungkal Ulu Turut Meriahkan perpisahan Keluarga Besar SMK N 4 Tanjab Barat Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Kamis, 5 September 2019 - 07:24 WIB

Satgas Karhutla Ramil 03/Tungkal Ilir Kembali Melanjutkan Pemadaman dan Pendinginan Lahan Gambut.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) kembali melanjutkan pemadaman dan pendinginan lahan gambut yang terbakar sejak sepekan lalu di RT. 02 dan RT. 05 Betara 10, Desa Pematang Lumut, Kec. Betara Kab. Tanjab Barat, Kamis (05/09/19).

“Lahan gambut yang terbakar masih menyisakan bara dan asap. Kita harus pastikan titik api benar-benar padam,” kata Danramil 03/Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandi.

Kebakaran lahan gambut di Desa Pematang Lumut terjadi sejak sepekan yang lalu. Api dengan cepat membakar lahan gambut dengan semak belukar dan merambat ke lahan milik warga masyarakat.

BACA JUGA  Supaya Pengolahan Lahan Berjalan Lancar, Serda Ambri Lakukan Pengecekan Alsintan.

Dikatakan Danramil, sejak awal tim terpadu terus berjibaku menjinakkan api. Hingga hari ini kebakaran diatas lahan gambut tersebut berhasil diatasi, namun dia menegaskan bahwa kebakaran tersebut masih menyisakan bara api di dalam gambut.

“Hal itu terlihat dari banyaknya kepulan asap yang keluar dari dalam tanah yang menandakan bahwa masih ada bara api yang tersisa didalam tanah,” ujar Kapten Inf Rohandi.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Wilayah Mendahara Tengah melaksanakan pendampingan dan Monitoring Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera.

Untuk itu, ia mengatakan pihaknya bersama tim gabungan akan terus berusaha melakukan pemadaman dan pendinginan secara maksimal untuk mencegah kebakaran terulang kembali.

“Upaya pendinginan ini merupakan upaya terakhir dalam proses pemadaman. Jika asap sudah habis, maka sudah bisa dipastikan tidak akan ada lagi api baru yang akan muncul,” jelasnya.

“Hingga hari ini, saya melihat bahwa seluruh anggota tim gabungan sudah bersemangat dan maksimal dalam melakukan pemadaman secara terpadu,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Bantu Petani Menanam Padi, Wujud Nyata Babinsa Peduli Warga Binaan

Artikel

Sertu Hendra Rismanto Monitoring Warga Binaan Melalui Komsos

BERITA

Eratkan Kebersamaan Dengan Warga Binaan, Babinsa Lakukan Komsos.

BERITA

Gunakan Jonder, Babinsa Lagan Ulu Bantu Warga Binaan Membajak Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Hadiri Gerdal Hama Wereng di Desa Simpang Datuk.

BERITA

Antisipasi Banjir, Babinsa Lakukan Pengecekan Debit Air Sungai.

Berita Koramil

Sertu Ajran Lubis Selaku Babinsa Membantu Petani Membersihkan Lahan Jagung.

Berita Koramil

Peduli Korban Banjir, Babinsa Koramil 02 Bersama Aparat Desa Beri Bantuan Sembako