Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Jumat, 28 Agustus 2020 - 21:07 WIB

Hasil Panen Berhasil, Babinsa Ramil 01 Sertu Ade Putra Ikut Serta Penjemuran Padi

Kec. Sabak Barat, kodimtanjab.com – Babinsa Parit Culum Koramil 01/Muara Sabak Kodim 0419/Tanjab Sertu Ade Putra melakukan pendampingan kepada petani yang berada di RT. 10 RW. 02 Kel. Parit Culum Kecamatan Sabak Barat melaksanakan penjemuran padi milik Bapak Sumitran. Jum’at (28/08/2020).

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional.

Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan dan penyimpanan Gabah saat di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah.

BACA JUGA  Hadiri Penyerahan Bantuan Korban Kebakaran, Babinsa Ramil 04 Berterima Kasih Kepada Pemda Tanjab Timur Telah Membantu Warga Binaannya

Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

“Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan.’ ungkap Sertu Ade Putra.

BACA JUGA  Wujud Kepedulian, Koramil 419-02/Tungkal Ulu dan Pengurus Kampung Pancasila Salurkan Bansos

Salah satu permasalahan klasik yang di hadapi petani dalam menjual padi hasil panen miliknya, adalah karena faktor kadar air.

Untuk menyelesaikan masalah itu di butuhkan area penjemuran yang baik untuk meningkatkan kualitas padi. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Gelar Apel Danramil dan Babinsa tersebar TA. 2020.

BERITA

Babinsa Dampingi Warga Meninjau Tanaman Jagung Di Wilayah

Berita Koramil

Babinsa Sungai Raya Jalin Komsos Dengan Warga Desa.

BERITA

Wujud Kebersamaan, Babinsa dan Warga Laksanakan Gotong Royong.

Berita Koramil

Babinsa Desa Lagan Ulu Pantau Pertumbuhan Padi Milik Warga Binaan.

BERITA

Babinsa Koramil 02/ Tungkal Ulu laksanakan kosmos dengan warga binaan.

BERITA

Kuatkan Persatuan, Babinsa Sungai Lokan Lakukan Komsos.

BERITA

Babinsa Koramil 419-3/Tungkal Ilir Melakukan Pengawasan bersama tim Kesehatan Kepada Masyarakat yang Memasuki Swalayan/Mini Market