Babinsa Catur Rahayu Sosialisasi Karhutla. Danramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Panen Raya. Bantu Warga Binaan Panen Padi, Babinsa : Bagian Dari Kebersamaan. Babinsa Desa Lagan Ilir Ajak Masyarakat Patroli Karhutla. Kodim 0419/Tanjab Gelar Serbuan Vaksinasi Bagi Pelajar.

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 23 Januari 2020 - 15:12 WIB

Babinsa 01/Muara Sabak Serda Aminullah Membantu Petani Membersihkan Gulma Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang pencapaian target swasembada pangan nasional, budidaya tanaman padi dilahan darat maupun dilahan sawah sering kali tumbuh tanaman liar yang dapat menyebabkan persaingan, baik persaingan dalam mendapatkan nutrisi maupun persaingan dalam mendapatkan sinar matahari.

Oleh karena itu bersama dengan kelompok tani Sungai Besi, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Serda Aminullah membantu membersihkan gulma padi dilahan sawah milik bapak Rohman di Desa Kota Kandis, Kec. Dendang, Kab. Tanjab Timur, Kamis (23/01/2020).

Serda Aminullah menjelaskan bahwa gulma merupakan semua jenis tumbuhan liar yang tumbuh disekitar tanaman padi. “Keberadaannya yang tidak diinginkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman padi sehingga dapat menyebabkan penurunan hasil panen,” ungkapnya.

BACA JUGA  Saling Tukar Informasi bersama Kelompok Tani Menjadi Senjata Kemajuan Program Ketahanan Pangan

“Kompetisi antara gulma dan padi dalam mendapatkan nutrisi yang terjadi dari awal masa tanam, masa pertumbuhan hingga masa pematangan bulir padi sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil dan kualitas gabah,” sambung Serda Aminullah.

“Tak hanya itu, gulma juga dapat mempengaruhi peningkatan hama dan penyakit karena jika dibiarkan gulma dapat menjadi tanaman inang bagi hama dan penyakit tanaman padi,” ungkap Serda Aminullah.

Untuk menghindari kerugian hasil panen padi yang lebih besar, gulma sangat perlu dikendalikan secara tepat  dan benar. Berbagai cara dilakukan untuk mengendalikan gulma pada lahan sawah, antara lain dengan penyiangan manual menggunakan tangan.

BACA JUGA  Komsos Merupakan Senjata Andalan Bagi Para Babinsa Guna Mengetahui Sikon Desa Binaan.

“Penyiangan gulma dengan tangan dimaksudkan agar tidak merusak tanaman padi yang ada disekitar,” ujarnya.

Serda Aminullah tampak sangat lincah membantu petani menyiangi gulma. Niatnya yang sangat tulus untuk membantu petani di daerah binaannya. Upaya pendampingan ini akan terus dilakukannya dengan terjun langsung ke lapangan.

Semoga dengan pendampingan Babinsa, tanaman padi petani tumbuh dengan subur serta hasil panen nantinya dapat mensejahterakan petani. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Hadiri Pembukaan Camat Cup.

Berita Koramil

Peltu M. Yusuf Eko Selaku Babinsa Ajak Masyarakat Bergotong Royong Membangun Panggung Hiburan Rakyat.

BERITA

Sinergi bersama rakyat, Babinsa ajak warga binaan patroli karhutla

Berita Koramil

Babinsa Koramil 03/Tungkal Ilir Ajak Petani Cek Langsung Kondisi Bibit Padi.

Berita Koramil

Serda Reza Sanu Rizal Sebagai Babinsa Laksanakan Komunikasi Sosial Dengan Masyarakat Binaan.

BERITA

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Melakukan Pendampingan Kegiatan Penyerahan KKS dan Buku Rekening dari BRI

BERITA

Anggota Koramil 03 Tungkal Ilir bersama Instansi terkait Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Terus Bangkitkan Semangat Gotong Royong.