Babinsa Bersama Warga Laksanakan Patroli Karhutla Babinsa Sosialisasi Cegah Karhutla Kepada Warga Babinsa Laksanakan Pendampingan Peninjauan Tanaman Padi Jalin Silaturahmi Yang Kuat, Babinsa Komsos Dengan Warga Binaan. Kebersamaan Babinsa Dan Petani Meninjau Tanaman Padi.

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Minggu, 29 Desember 2019 - 13:22 WIB

Babinsa 03/TI dan Petani Bersama-Sama Bersihkan Lahan Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada masa tanam ke dua, selain mendampingi Kelompok Tani, para Babinsa juga turun langsung kesawah membantu petani dalam mengolah lahan untuk persiapan masa tanam padi.

Seperti yang dilakukan oleh Pelda Eko Purwanto Yusuf, Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir yang dengan cekatan turun kesawah guna membantu Bapak Tarman membersihkan lahan sawahnya dari gulma dan rumput liar, Minggu (29/12/19).

“Membersihkan lahan sawah sangat penting untuk dilakukan para petani sebelum menggemburkan lahan pertanian,” ujar Pelda Eko P. Yusuf.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Hadiri Acara Penutupan MTQ Ke-3 Desa Sungai Gebar Barat.

Ia mengatakan bahwa kegiatan membantu petani ini dilakukannya untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk percepatan masa tanam.

Menurutnya, hal ini dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan sibuk menjemur padi atau gabah hasil panen.

“Ini harus diingatkan dan disampaikan kembali kepada para petani agar lahan sawah tidak terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang menganggur,” ujarnya.

Percepatan tanam padi terus dilakukan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai seorang aparat teritorial kewilayahan.

BACA JUGA  Serma Juhendri Dampingi Petani Mengecek Tanaman Padi Siap Panen.

Selain bertugas mendampingi para petani agar kehidupan mereka lebih sejahtera, hal ini juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan diwilayah, sehingga swasembada pangan secara nasional dapat tercapai.

Sementara itu Bapak Tarman sebagai pemilik lahan sawah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang telah ikut membantunya membersihkan lahan sawahnya. “Kami akan bersemangat untuk percepatan tanam, semoga hasil panen kami nanti akan sakin melimpah,” ungkapnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Dalam Menghadapi Wabah Pendemi Covid-19 untuk Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Ucap Serda Bujang sebagai Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang

BERITA

Pasca panen, Babinsa dampingi petani jemur padi

Berita Koramil

Babinsa Serda Sutoyo Mengharapkan “Dengan Adanya Pendampingan Babinsa Nantinya Akan Dapat Meningkatkan Hasil Panen Jagung”.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Bantu Petani Merontokan Padi Hasil Panen.

BERITA

Selalu Ada Ditengah Masyarakat, Babinsa Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Jagung.

BERITA

Tingkatkan kebersamaan, Melalui komsos babinsa ajak warga binaan agar bersama-sama mencegah karhutla

Berita Koramil

Posko Pemantauan COVID-19 di Kel. Simpang Terus Perketat Jalur Masuk Kecamatan Berbak.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu Pantau Penyebaran Virus Covid-19 Di Desa Binaan.