Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:02 WIB

Babinsa Koramil 419-04/NP Bantu Warga Musnahkan Sarang Ulat Bulu.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Untuk mengantisipasi bertambahnya serangan ulat ke daerah lain, Sabtu (25/5/2019), Babinsa Koramil 419-04/NP Koptu Noviandi membantu Warga melakukan Pemusnahan/Pembakaran Sarang Ulat Bulu di Pulau Harapan Kel. Nipah Panjang ll Kec.Nipah panjang Kab.Tanjab Timur.

Nampak hadir pada kegiatan Pemusnahan/Pembakaran Sarang Ulat Bulu tersebut yakni Camat Nipah Panjang Kamarudin, STTIP, Sekcam Nipah panjang A.Yani .SE, Seklur NP 2 Andi, Kapolsek yang diwakili oleh Bripka Sari Muda, dari Dinas Kehutanan Provinsi Farid, Anggota Damkar Berjumlah, Anggota Pramuka SMAN 3 Nipah Panjang serta puluhan warga Kel.Nipah Panjang ll .

BACA JUGA  Danramil Nipah Panjang, Hadiri pengukuhan Ketua KPPS dan Bimtek PPS dan KPPS Kecamatan Rantau Rasau.

Pemusnahan sarang ulat tersebut dilakukan dengan cara menebang pohon, kemudian menyemprot sarang-sarang ulat tersebut dengan sejenis bahan kimia insektisida. Bahkan, ada sebagian warga lainnya yang memusnahkan dengan cara membakar ranting-ranting pohon tersebut.

Koptu Noviandi mengatakan, pemusnahan sarang ulat tersebut untuk mencegah serangan ulat ke jenis tanaman pangan lainnya. Sebab, di dekat pepohonan yang diserang ulat itu banyak jenis tanaman pangan lainnya, seperti tanaman kacang-kacangan, jagung, dan padi. “Warga khawatir penyebarannya bertambah banyak jika tidak dimusnahkan sarangnya,” kata Noviandi.

BACA JUGA  Babinsa Serda Kailani Hadiri Deklarasi Damai Pilkades Serentak Se-Kecamatan Muara Sabak Timur.

Sementara itu, Camat Nipah Panjang Kamarudin, STTIP, mengatakan, penyebaran ulat bisa sangat cepat jika tidak segera dibasmi sampai ke sarangnya. “Satu kupu-kupu bisa bertelur sampai seratus dan bisa menetaskan ulat sebanyak itu. Jadi, perlu dimusnahkan sarangnya sebelum merembet ke pepohonan lainnya,” kata Kamarudin di lokasi penyemprotan.

Kamarudin mengimbau kepada warga yang memiliki pohon di sekitar pekarangan rumahnya hendaknya diwaspadai. ” Warga harus tetap waspada dan jika ditemukan ada gejala berkembangbiaknya ulat, segera melapor kepada petugas,” katanya (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Sebanyak 20 Orang Mendapatkan BLT-DD Tahap II Di Desa Sungai Penuh Wilayah Koramil 419-04/Nipah Panjang

Berita Koramil

Bantuan Tahap Ketiga JPS Kab. Tanjab Timur didampingi Babinsa Ramil 01/Muara Sabak.

Berita Koramil

Babinsa Ikuti Sosialisasi UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Berita Koramil

Babinsa Serka Ajran Lubis Pantau Bibit Padi Poktan Gaya Baru.

Berita Koramil

Babinsa 01/Muara Sabak Bersama BKTM Desa Bukit Tempurung Patroli Karibung di Wilayah Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/TI Rangkul Pemuda Desa Binaan.

Berita Koramil

Setelah Proses Tanam Selesai, Babinsa Ajak Petani Memupuk Tanaman Padi.

Berita Koramil

Ajak Masyarakat Peduli Api (MPA), Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Lakukan Patroli Karhutla di Wilayah Binaan.