Dandim 0419/Tanjab Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H Dandim 0419/Tanjab laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M bersama Forkopimda Tanjab Barat Pastikan Kestabilan Harga Pangan Menjelang Idul Adha, BatiOps Pengubung Turut Hadiri GPM Babinsa Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Paskibraka di SMPN 3 Kuala Tungkal Jalin Silaturahmi, Pangdam II/Swj Kunjungi PT. Dexa Medica Palembang

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:02 WIB

Babinsa Koramil 419-04/NP Bantu Warga Musnahkan Sarang Ulat Bulu.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Untuk mengantisipasi bertambahnya serangan ulat ke daerah lain, Sabtu (25/5/2019), Babinsa Koramil 419-04/NP Koptu Noviandi membantu Warga melakukan Pemusnahan/Pembakaran Sarang Ulat Bulu di Pulau Harapan Kel. Nipah Panjang ll Kec.Nipah panjang Kab.Tanjab Timur.

Nampak hadir pada kegiatan Pemusnahan/Pembakaran Sarang Ulat Bulu tersebut yakni Camat Nipah Panjang Kamarudin, STTIP, Sekcam Nipah panjang A.Yani .SE, Seklur NP 2 Andi, Kapolsek yang diwakili oleh Bripka Sari Muda, dari Dinas Kehutanan Provinsi Farid, Anggota Damkar Berjumlah, Anggota Pramuka SMAN 3 Nipah Panjang serta puluhan warga Kel.Nipah Panjang ll .

BACA JUGA  Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Laksanakan Pembersihan Lingkungan Masjid Nurul Jadid.

Pemusnahan sarang ulat tersebut dilakukan dengan cara menebang pohon, kemudian menyemprot sarang-sarang ulat tersebut dengan sejenis bahan kimia insektisida. Bahkan, ada sebagian warga lainnya yang memusnahkan dengan cara membakar ranting-ranting pohon tersebut.

Koptu Noviandi mengatakan, pemusnahan sarang ulat tersebut untuk mencegah serangan ulat ke jenis tanaman pangan lainnya. Sebab, di dekat pepohonan yang diserang ulat itu banyak jenis tanaman pangan lainnya, seperti tanaman kacang-kacangan, jagung, dan padi. “Warga khawatir penyebarannya bertambah banyak jika tidak dimusnahkan sarangnya,” kata Noviandi.

BACA JUGA  Serda Gopal Selaku Babinsa Terus Lakukan Pendampingan Kepada Petani Dalam Menanam Padi.

Sementara itu, Camat Nipah Panjang Kamarudin, STTIP, mengatakan, penyebaran ulat bisa sangat cepat jika tidak segera dibasmi sampai ke sarangnya. “Satu kupu-kupu bisa bertelur sampai seratus dan bisa menetaskan ulat sebanyak itu. Jadi, perlu dimusnahkan sarangnya sebelum merembet ke pepohonan lainnya,” kata Kamarudin di lokasi penyemprotan.

Kamarudin mengimbau kepada warga yang memiliki pohon di sekitar pekarangan rumahnya hendaknya diwaspadai. ” Warga harus tetap waspada dan jika ditemukan ada gejala berkembangbiaknya ulat, segera melapor kepada petugas,” katanya (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Patroli Karhutla Dengan Warga

BERITA

Wujud Kepedulian TNI, Danramil 419-04/Nipah Panjang Serahkan Bansos Kepada Warga Korban Kebakaran.

Berita Koramil

Personel Koramil Tungkal Ulu bersama Polsek Lakukan Pengamanan Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

BERITA

Melalui Komsos, Babinsa Eratkan Silaturahmi Dengan Warga Binaan.

Artikel

Safari Ramadhan: Momen Kebajikan dan Kedekatan Forkompimda Tanjab Barat di Desa Kemang Manis

BERITA

Babinsa Desa Suka Maju Bantu Petani Memanen Padi

BERITA

Berkah Ramadhan, Koramil 419-04/Nipah Panjang Bagikan Takjil Jelang Berbuka Puasa.

Berita Koramil

Dengan Berjalan Kaki Serda Kusmanto bersama Pemuda Desa Berkeliling Patroli Cegah Karhutla