Babinsa Mendampingi Warga Binaan Meninjau Tanaman Padi Dandim 0419/Tanjab Hadiri Pelepasan Pawai Budaya Dandim 0419/Tanjab Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Yudha Satria Pengabuan Babinsa Dampingi Poktan Lakukan Penggilingan Padi

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Senin, 24 Agustus 2020 - 21:29 WIB

Babinsa Koramil 419-4/Nipah Panjang Turut Serta dalam Personel Gabungan, Komitmen Cegah Karhutla

Kec. Berbak, kodimtanjab.com – Guna memastikan kesiapan seluruh hal dalam menghadapi musim kemarau dan menekan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), digelar apel gabungan di Posko Lap III Desa Rantau Rasau Kec. Berbak Kab. Tanjab Timur. Senin(24/08/2020).

Apel dipimpin langsung BKTM Desa Rantau Rasau Bripka Simanjuntak dan Ikuti oleh Babinsa Desa Rantau Rasau Sertu Ismed Siagian, BKTM Aipda M Ikbal Harahap, BPBD : Samson, Hermanto, dan Agus Jufrianyo, EWF Sabak Merbau Toni Hariadi, Brigdal Karhutlah TNBS : Ari dan Rano, dan Satpol PP/Damkar Bayu.

Bripka Simanjuntak menyampaikan bahwa seluruh pihak sudah berkomitmen untuk mencegah Karhutla dan siap menghadapi musim kemarau.

BACA JUGA  Serma Hamdan Sampaikan Masyarakat Juga Harus Ikut Bertanggungjawab Untuk Menjaga Keamanan Lingkungan.

“Kami melakukan pengecekan pasukan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga perlengkapan dalam rangka musim kemarau di wilayah Kota Palangka Raya. Masyarakat dan pemilik lahan harus berperan aktif dalam mencegah Karhutla. Pemilik lahan harus bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,” katanya.

Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Sertu Ismed Sofyan menegaskan, antisipasi dan menekan Karhutla melibatkan seluruh elemen, sehingga semuanya bertanggung jawab terhadap perkarangan dan lahan masing-masing. Termasuk untuk sanksi akan disusun lebih lanjut.

“Besar harapan saya kepada seluruh masyarakat di Desa Rantau Rasau, jangan sampai di tengah pandemi ini, Karhutla terjadi, karena resikonya ke pernafasan. Jangan sampai di masa Covid-19 dan Karhutla berujung pada peningkatan ISPA,” ucapnya.

BACA JUGA  Babinsa Serka Redho Harnas Hadiri Rakor Pembinaan Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Merlung.

Lanjut Sertu Ismed Sofyan, saat ini masyarakat menjadi garda terdepan dalam mencegah Karhutla. Dirinya berharap jangan sampai tragedi tahun 2015 dan 2019 lalu terulang lagi.

“Mari bersama-sama mencegah Karhutla di Kab. Tanjab Timur khususnya Desa Rantau Rasau Ini. Siapapun yang membakar lahan, perkarangan dan hutan secara sengaja akan bertindak tegas. Sejauh ini masih belum ada Karhutla di Desa Rantau Rasau,” (pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Jaga Hanpangan, Babinsa Bersama Warga Binaan Pantau Pertumbuhan Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa Lagan Ulu Bantu Warga Binaan Giling Padi

Berita Koramil

Koptu Zulfikar Babinsa Koramil 02/TU Hadiri Deklarasi Komitmen Desa/Kelurahan Layak Anak.

Berita Koramil

Plt. Danramil 04/Nipah Panjang Bersama Forkopimcam Hadiri Peresmian Rumah Data Kependudukan dan Jembatan Kampung KB Kencana Bakti.

Berita Koramil

Babinsa Kempas Jaya Jalin Kebersamaan Bersama Masyarakat.

Berita Koramil

Danramil Muara Sabak Hadiri Rapat Persiapan dan Pemantapan Pemilu 2019.

Berita Koramil

Koramil 01/Muara Sabak Terus Antisipasi Bencana Karhutla Di Wilayah Binaan Dengan Patroli dan Sosialisasi.

BERITA

Bersama Petani, Serka M.Olis Melaksanakan Pendampingan Pemantauan benih padi.