Babinsa Koramil 419-06/Rantau Rasau Jelaskan Bahaya Judi Online Kepada Masyarakat Danramil 419-03/Tungkal Ilir Hadiri Penutupan MTQ ke XI Tingkat Kecamatan Seberang Kota Pabungdim 0419/Tanjab Berikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada 144 santriwan dan 155 santriwati Pabungdim 0419/Tanjab : Lebih Baik Mencegah Daripada Menindak Babinsa Dukung Penurunan dan Pencegahan Stunting di Desa Rantau Karya

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Senin, 26 Agustus 2019 - 07:35 WIB

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Bantu Petani Pada Pembajakan Lahan Persawahan di Desa Sri Agung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Menjelang persiapan masa tanam Asep 2019, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Daryun melaksanakan pendampingan terhadap petani pada pembajakan dan pengolahan lahan persawahan di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Senin (26/08/19).

Kegiatan pembajakan dan pengolahan lahan sawah ini dilakukan di lahan seluas ± 1 Hektare milik Bapak Sutejo anggota kelompok tani Karya Makmur Desa Sri Agung dengan menggunakan satu unit Traktor Tangan TR 2.

Serda Daryun saat dilokasi mengungkapkan, pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor TR 2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.

BACA JUGA  Eratkan Silaturahmi, Babinsa Kunjungi Dan Komsos Dengan Warga Binaan.

” Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan leluasa,” tutur Babinsa.

Sementara itu, pemilik lahan Bapak Sutejo mengatakan sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa dilapangan.

“Selain pendampingan langsung kesawah, Babinsa juga sering menghimbau para petani untuk mempercepat tanam padi seusai masa panen, mempersiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat sesuai petunjuk PPL setempat,” ujar Pak Sutejo.

BACA JUGA  Dekat dengan Masyarakat. Babinsa Koramil 419-01/MS Laksanakan Komsos.

Terpisah, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain menuturkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa, dalam rangka percepatan tanam dan memberikan contoh kepada para petani agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat guna mendukung program ketahanan pangan.

“Hal ini dilakukan untuk memotivasi para petani dalam pengolahan lahan menghadapi musim tanam okma guna penguatan kapasitas produksi pangan menuju pancapaian swasembada pangan,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Koptu Teguh Santoso Turun Kesawah Cek Kondisi Padi.

BERITA

Lewat komsos, Babinsa himbau warga agar tidak membakar lahan

Berita Koramil

Babinsa Sertu Muhamad Bersama Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Pencegahan KARHUTLA Kepada Masyarakat.

BERITA

Babinsa Dampingi Penjemuran Padi Pasca Panen

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Cek Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa Dan Manggala Agni Lakukan Sosialisasi Karhutla.

Berita Koramil

Dengan Adanya Pendampingan Dari Para Babinsa, Hasil Panen Kali Ini Cukup Bagus.

BERITA

Babinsa Desa Purwodadi Dampingi Wakil Bupati Tanjab Barat Meninjau Lokasi Kebakaran.