Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Minggu, 26 Mei 2019 - 06:35 WIB

Bintara Pembina Desa Membantu Petani Bersihkan Gulma Yang Mengganggu Tanaman Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serka M. Olis membantu petani membersihkan gulma yang tumbuh mengganggu tanaman padi petani.

Hal ini dilakukannya disela sela kegiatan pendampingan yang dilaksanakannya dilahan bapak Sayuti yang merupakan anggota kelompok tani Usaha Baru di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang Asam Kab. Tanjab Barat, Minggu (26/5/19).

Serka Olis mengatakan bahwa pembersihan gulma terhadap tanaman padi ini merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Pembersihan gulma ini juga bertujuan agar dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan air, penyerapan pupuk dan unsur hara tanah serta sinar matahari.

BACA JUGA  Personel Koramil 419-01/Muara Sabak Gelar Karbak TNI Jum’at Bersih.

“Dengan memutus perputaran hidup gulma maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus,” kata Serka Olis.

“Selain itu hal ini juga dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi,” sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan kita dapat mengetahui dampak serangan hama tersebut.

Selanjutnya, dari hasil pengecekan tersebut kita akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian, terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktifitas padi yang menurun.

“Sebagai Babinsa, kita melakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga kita melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi, khususnya dalam pemberantasan hama tanaman,” papar Serka M. Olis.

BACA JUGA  Tingkatkan Kekompakan Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Perbaiki Jalan yang Rusak.

Selain pengecekan terhadap hama padi milik petani setempat, ia menyebut pendampingan kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani.

“Turunnya Babinsa ke sawah dan langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian, dimana Babinsa sebagai ujung tombak TNI di masyarakat,” pungkas Babinsa Tanjung Bojo tersebut. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Tingkatkan hanpangan, babinsa dan petani cek pertumbuhan tanaman padi.

Berita Koramil

Masuk MT. OKMA 2019/2020, Babinsa dan Petani Gencarkan LTT Padi.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Hadiri Sosialisasi Locus Stunting.

Berita Koramil

Babinsa Serma Ferry Manurung Dampingi Penyaluran Bansos JPS Covid-19 Provinsi Jambi 248 KK di Kecamatan Nipah Panjang.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Ajak Kepala Dusun Serta Warga Perbaiki Poskamling.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/TU Serka M. Olis Bantu Petani Menanam Padi.

BERITA

Setiap Babinsa pada Masing-Masing Koramil Jajaran Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Pendampingan Pada Penyaluran BLT-DD, Tidak Terkecuali Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir

Berita Koramil

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Bantu Poktan Sabak Indah Panen Padi.