Melanjutkan tradisi sebelumnya, Malam Pisah Sambut Dandim 0419/Tanjab dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Tanjab Dandim Kodim 0419/Tanjab Letkol Kav. Muslim Rahim. T, SH, M. Si. Melaksanakan Peresmian rumah dinas asrama Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Peresmian rumah dinas asrama Kodim 0419/Tanjab. Dandim 0419/Tanjab Meresmikan Musholla Baitul Muslim MAN 2 Tanjab Barat dalam rangka karya bakti TNI Babinsa 419-02/Tungkal Ulu. Menghadiri kegiatan Penyerahan Bibit Oleh Bupati Tanjab Barat Danramil 419/TI mewakili Dandim 0419/Tanjab menghadiri Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Kamis, 4 Januari 2024 - 13:43 WIB

Dampak Luapan Air Pasang di Kecamatan Berbak: Babinsa Pantau dan Berkoordinasi

Kuala tungkal, kodimtanjab.com – Luapan air pasang akibat tingginya curah hujan mengundang perhatian Babinsa 419-04/Nipah Panjang yang melaksanakan pengecekan di sejumlah wilayah terdampak di Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kamis (4/1/24)

Luapan air pasang ini memberikan dampak pada beberapa wilayah, antara lain Kelurahan Simpang, Desa Rawasari, Desa Telago Limo, Desa Rantau Makmur, Desa Sungai Rambut, dan Desa Rantau Rasau. Untuk menangani situasi ini, sejumlah personel terlibat dalam pengecekan, termasuk Babinsa (2 orang), BPBD (1 orang), Lurah (1 orang), dan Destana (1 orang).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan melibatkan pengecekan debit air, monitoring perkembangan luapan air pasang surut, dan koordinasi dengan aparat desa serta BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

BACA JUGA  Sukseskan Panen Petani, Babinsa Koramil Koramil 419-04/Nipah Panjang bantu petani pengecekan Padi.

Hasil pengecekan menyebutkan ketinggian air saat pasang berkisar antara 30 hingga 40 cm yang menggenangi halaman rumah warga. Air pasang cenderung naik pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB dan surut pada pukul 15.00 WIB. Keadaan ini disebabkan oleh luapan Sungai Batanghari dan curah hujan tinggi, juga dipengaruhi oleh dorongan air pasang laut yang masuk ke sungai tersebut.

Berita baiknya, belum ada pemukiman warga yang terendam dampak dari banjir. Warga di pinggiran Sungai Batanghari terbiasa dengan kondisi pasang surut air sungai ini, dan kegiatan sehari-hari tetap berlangsung seperti biasa.

BACA JUGA  Satgas TMMD Ke-113 Bangun Sumur Bor Untuk Mempermudah Warga Mendapatkan Air Bersih

Tujuan dari pengecekan lokasi ini adalah untuk mengetahui batas ketinggian saat air pasang guna antisipasi bencana banjir, memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada, dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanggulangan banjir. Selama kegiatan, semua berlangsung aman dan lancar. Babinsa dan pihak terkait terus mengawasi perkembangan situasi guna memastikan keamanan dan kenyamanan warga terjaga. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Pererat Hubungan Dengan Masyarakat, Babinsa Gelar Komsos.

Berita Koramil

Babinsa Serda Rahman Ajak Warga Binaan Untuk Jaga Keamanan Lingkungan.

BERITA

Bersama Warga Desa, Babinsa Lakukan Patroli Karhutla.

BERITA

Pabung Dim 0419/Tanjab Menghadiri Rapat Paripurna Persidangan I. Th. 2020 – 2021 Kab. Tanjab Timur

BERITA

Babinsa tinjau rumah warga binaan yang tertimpa musibah kebakaran

Berita Koramil

Babinsa Tanjung Makmur Semprot Cairan Disinfektan Demi Matikan Penyebaran Virus Corona.

Berita Koramil

Babinsa bersama Kelompok Tani Melaksanakan Pendampingan Panen Tanaman Padi

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Ikuti Rakoord dan Sosialisasi Pemungutan Surat Suara Pilkades Serentak Tahun 2019.