Kodim 0419/Tanjab Gelar Serbuan Vaksinasi Bagi Pelajar. Saat Penyaluran BLT, Babinsa Himbau Prokes Kepada Masyarakat. Babinsa Desa Dataran Pinang Lakukan Patroli Karhutla. Babinsa Desa Kota Baru Dampingi Petani Cek Tanaman Jagung. Babinsa Desa Mekar Alam Dampingi Petani Cek Tanaman Padi.

Home / BERITA / Kegiatan Dandim

Selasa, 1 Juni 2021 - 13:01 WIB

Dandim 0419/Tanjab Bersama Forkopimda Tanjab Barat Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto S.I.P bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanjab Barat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 secara virtual kombinasi, bertempat di Balai Pertemuan Kantor Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jl. Jenderal Sudirman Kel Patunas Kec Tungkal Ilir, Tanjab Barat.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (1/6/2021) langsung dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara virtual, mengingat situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, segenap pemangku kepentingan mulai Institusi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah hingga Lembaga Pendidikan ikut serta dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini, meski dilakukan secara virtual.

BACA JUGA  Kodim 0419/Tanjab Gelar Penyembelihan Hewan Qurban.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 mengambil tema, “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” tutur Presiden Jokowi.

BACA JUGA  Sinergi bersama rakyat, Babinsa ajak warga binaan patroli karhutla

Selanjutnya, Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antar pandangan, antar nilai dan antar ideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mana telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai Hari Libur Nasional. (PendimTjb

Share :

Baca Juga

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kab. Tanjab Barat Yang Ke-III.

BERITA

Melalui Komsos, Babinsa Jaga Silahturahmi Dengan Masyarakat

BERITA

Usai Panen, Babinsa 01/Muara Sabak Dampingi Petani Jemur Padi

BERITA

Peran Serta Babinsa Koramil Tungkal Ilir Sigap Padamkan Api

BERITA

New Car Technology May Take The Wheel out of Human Hands

BERITA

Kodim Tanjab Terima Materi Asistensi Tehnis Penyelenggara Komsos Dari Pusterad.

BERITA

Semangat babinsa dampingi petani pantau pertumbuhan padi.

BERITA

Tidak Bosan-bosannya Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang dalam Komsos Menghimbau kepada Warga Binaan Agar Selalu Beraktivitas dengan Mematuhi Protokol Kesehatan