Melanjutkan tradisi sebelumnya, Malam Pisah Sambut Dandim 0419/Tanjab dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Tanjab Dandim Kodim 0419/Tanjab Letkol Kav. Muslim Rahim. T, SH, M. Si. Melaksanakan Peresmian rumah dinas asrama Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Peresmian rumah dinas asrama Kodim 0419/Tanjab. Dandim 0419/Tanjab Meresmikan Musholla Baitul Muslim MAN 2 Tanjab Barat dalam rangka karya bakti TNI Babinsa 419-02/Tungkal Ulu. Menghadiri kegiatan Penyerahan Bibit Oleh Bupati Tanjab Barat Danramil 419/TI mewakili Dandim 0419/Tanjab menghadiri Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil / Koramil Geragai

Rabu, 24 Januari 2024 - 19:43 WIB

Harmonisasi Pihak Perusahaan dan Masyarakat dalam Eksekusi Lahan: Babinsa Berperan Aktif

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa dari Koramil 419-05/Geragai, Serka Muhamad haduri kegiatan eksekusi lahan yang melibatkan PT. Petrochina Jabung Ltd dan warga di Dusun Margo Dadi, Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai. Rabu (24/1/24)

M. Samosir, pemilik lahan yang sudah ditanami Kelapa Sawit selama 18 tahun, mendapati lahan yang dikelolanya menjadi objek eksekusi oleh PT. Petrochina Jabung Ltd. Sebuah dinamika antara hak klaim perusahaan dan hak masyarakat yang menarik perhatian banyak pihak.

Dalam upaya menjaga keamanan dan mendukung proses dialog antara perusahaan dan warga, Babinsa Serka Muhamad turut serta dalam kegiatan tersebut. Kehadirannya tidak hanya menciptakan rasa aman bagi semua pihak yang terlibat tetapi juga menjadi jembatan komunikasi yang efektif.

BACA JUGA  Kasdim Tanjab Hadiri Peresmian Listrik Desa Tanjung Pasir dan Desa Parit Deli Kec. Kuala Betara.

Kegiatan eksekusi lahan dilakukan dengan menggunakan alat ekskavator milik PT. Petrochina Jabung Ltd. Meskipun menimbulkan ketegangan, pendampingan yang diberikan oleh Babinsa membantu meredam potensi konflik yang mungkin terjadi. Pihak perusahaan juga telah memberikan pemberitahuan tertulis kepada M. Samosir mengenai status lahan yang bersangkutan.

Pertemuan ini tidak hanya melibatkan pihak perusahaan dan M. Samosir. Di dalamnya terdapat pula wakil masyarakat, termasuk tokoh masyarakat setempat dan perwakilan dari SKK Migas Yonif Raider 142/Ksatria Jaya serta Skk Migas Polda Jambi. Kehadiran Babinsa Serka Muhamad memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses.

BACA JUGA  Mensosialisasikan tahapan New Normal yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang

Catatan penting dari kegiatan ini adalah kesepakatan untuk melanjutkan eksekusi lahan pada hari Kamis, 25 Januari 2024, setelah semua pihak mencapai titik temu. Babinsa Serka Muhamad, dengan peran aktifnya, turut mengawal keselamatan dan menjembatani komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat.

Kegiatan berjalan hingga pukul 16.20 WIB dan dapat diselesaikan dalam kondisi aman dan tertib. Babinsa tetap berada di garis terdepan dalam memastikan keamanan dan kenyamanan selama proses eksekusi berlangsung. Ini adalah contoh nyata bagaimana keterlibatan Babinsa dapat memberikan dampak positif dalam situasi yang kompleks. (Pentjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Sertijab Pangdam XVII/Cenderawasih, 2 Kodam di Papua Dipimpin Putra Daerah.

Berita Koramil

Rumah Warga di Wilayah Ramil 03/Tungkal Ilir Parit Masjid Betara Kanan Ludes Terbakar.

BERITA

Peran Serta Babinsa Koramil Tungkal Ilir Sigap Padamkan Api

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Dan Sparatisme

BERITA

Pasiter Dim 0419/Tanjab Hadiri Acara Malam Silaturahmi bersama Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi.

BERITA

Upaya cegah karhutla, Babinsa ajak masyarakat patroli karhutla.

BERITA

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj

BERITA

Babinsa dan babinkamtibmas ingatkan warga binaan untuk cegah karhutla