Home / BERITA / Berita Koramil / KEGIATAN KODIM 0419

Senin, 10 Agustus 2020 - 16:12 WIB

Koramil 419-03 Tungkal Ilir Memberikan Wawasan Tentang Bela Negara Terhadap Peserta Komponen Cadangan Tingkat Daerah Kodim 0419/Tanjab

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Koramil 419-03/Tungkal Ilir Kodim 0419/Tanjab menggelar sosialisasi ‘Bela Negara dan Komponen Cadangan (Komcad)’ kepada generasi milenial calon di wilayah Koramil 419-03/Tungkal Ilir di Makoramil 419-03/Tungkal Ilir, Senin ( 10/08/2020)

Pada acara yang mengambil tema “Komponen Cadangan dan Upaya Memperkuat Pertahanan Indonesia Sebagai Negara Maju” Pelda Sugianto memaparkan beda komponen cadangan dan bela negara. Komponen cadangan sesuai ketentuan UU RI NOMOR 23 TAHUN 2019 TTG PSDN ( PENGELOLAHAN SUMBER DAYA NASIONAL ) UTK HANNEG, ia melanjutkan, akan dilatih khusus melalui beberapa persyaratan. “Ada uji tesnya dan pelatihan. Dapat dukungan finansial, transport dan uang saku,” katanya.

Sementara bela negara merupakan amanah undang-undang, di mana setiap setiap warga negara memiliki kewajiban dan hak untuk bela negara. “Bela negara itu bukan hanya mengggunakan senjata saja. Dia bekerja sesuai dengan profesi masing-masing, bertindak pofesional dan proporsional di bidangnya, dia bermanfaat di lingkungannya berarti dia sudah bela negara. Mengharumkan nama dirinya, keluarga, lingkungan dan daerahnya itu sudah bela negara,” tambah Pelda Sugianto.

BACA JUGA  Babinsa Kempas Jaya Bantu Petani Tanam Padi.

Komandan Koramil 419-03/Tungkal Ilir Kapten Inf Suseno mengatakan, apa yang dilakukannya dengan menggelar kegiatan ini sebagai bagian dari tugas melaksanakan pembinaan daerah membantu pemda dalam membina masyarakat, khsususnya generasi milenial agar sadar mengenai bela negara. “Kemudian, disiapkannya komponen cadangan ini kami sosialisasikan kepada generasi milenial, di mana mereka memiliki pemikiran kreatif, inovatif dan cepat beradaptasi dengan teknologi. Berangkat dari literasi itu, mereka sangat rentan terkontaminiasi perkembangan medsos dan online,” kata Danramil.

BACA JUGA  Cegah COVID-19, Babinsa Peltu Apriansyah Semprotkan Disinfektan Ke Fasum.

Menurut Kapten Inf Suseno, informasi yang begitu luas yang diterima tanpa disaring oleh mereka boleh jadi mengikis karakter dan rasa nasionalisme mereka. “Mereka bersinggungan secara visual, melihat, mendengar dan memerhatikan menggunakan perasaan dan pikiran, sehingga bisa mengganggu karakter mereka. Melalui kegiatan ini kita ingin memberikan informasi yang benar dan baik yang disandingkan dengan empat pilar kebangsaan. Dengan begitu, karakter mereka tak terkikis juga tak membatasi ruang gerak mereka. Mereka tetap dengan jati dirinya, tetapi memiliki kecintaan kuat terhadap Indonesia,” tutur Kapten Inf Suseno. (pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Pasiopsdim 0419/Tanjab Hadiri Bimtek Bela Negara Kepada Pelajar, Mahasiswa dan PNS.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat dalam Rangka HUT RI Ke-75

Berita Koramil

Serda Ambri Sebagai Babinsa Pendamping Alsintan Kodim Tanjab Cek Kondisi Fisik Alsintan Traktor Roda 2.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Tekankan Kepada Warga Binaan Untuk Peduli Terhdap Lingkungan.

Berita Koramil

Serda Pirdaus MelaksanakanPengecekan Pertumbuhan Padi Pada Program Upsus Pajale

Berita Koramil

Babinsa Desa Taman Raja Hadiri Acara Peringatan Isra Mi`raj Nabi Besar Muhammad SAW.

Berita Koramil

Babinsa Bersama Petani Lakukan Penyemprotan Hama Kupu-Kupu Tanaman Jagung.

BERITA

Sasaran Fisik TMMD Di Dusun Sungai Ayam Sudah Mencapai 78 Persen.