Babinsa Mendampingi Warga Binaan Meninjau Tanaman Padi Dandim 0419/Tanjab Hadiri Pelepasan Pawai Budaya Dandim 0419/Tanjab Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Yudha Satria Pengabuan Babinsa Dampingi Poktan Lakukan Penggilingan Padi

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Selasa, 29 Oktober 2019 - 14:18 WIB

Masuki MT. OKMA 2019, Babinsa dan Petani Percepat Pengolahan Lahan Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Memasuki masa tanam periode Oktober – Maret, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Suparjo Rustam melaksanakan pendampingan petani pada pembajakan dan pengolahan lahan sawah di Kelurahan Dusun Kebun, Kecamatan Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Selasa (29/10/19).

Kegiatan pembajakan dan pengolahan lahan sawah ini dilakukan di lahan seluas ± 1 Hektar milik Bapak Ali, anggota kelompok tani Beringin Rindang di Kelurahan Dusun Kebun dengan menggunakan satu unit Traktor Tangan TR 2.

BACA JUGA  Babinsa Serda Hanasri Berkomunikasi Sosial Dengan Perangkat Desa.

Serda Suparjo Rustam, saat dilokasi mengungkapkan bahwa pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor TR 2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.

” Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan leluasa,” tuturnya.

Sementara itu, pemilik lahan Bapak Ali mengatakan sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa dilapangan.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 02/ Tungkal Ulu laksanakan kosmos dengan warga binaan.

“Selain pendampingan secara langsung, Pak Babinsa juga sering menghimbau kami untuk mempercepat tanam padi seusai masa panen,” ujar Ali.

Secara terpisah, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain, SH, menuturkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini merupakan dalam rangka percepatan masa tanam padi.

“Hal ini dilakukan untuk memotivasi para petani dalam pengolahan lahan menghadapi musim tanam okma guna penguatan kapasitas produksi pangan menuju pancapaian swasembada pangan,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Lakukan Pendampingan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun.

BERITA

Bersama masyarakat, Babinsa eratkan hubungan silahturahmi

BERITA

Serda Yulepri Katakan “Komsos Sebagai Wadah Silahturahmi Kedekatan TNI Dan Rakyat”.

Berita Koramil

Tegaskan Buka Lahan dengan Tidak dibakar, Babinsa Ramil 03 Himbau kepada Warga untuk Melapor jika Ada yang Melanggar

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Lakukan Pendampingan Pertanian.

BERITA

Dukung tugas prajurit dan upaya pemeliharaan, Tim Pal II/2 Jambi cek kendaraan dinas kodim 0419/tanjab

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak dan Petani Bergotong Royong Menanam Padi.

BERITA

Babinsa Muara Sabak Lakukan Pengecekan Embung.