Babinsa Bantu Pelaksanaan Panen Padi Diwilayah Binaan Babinsa Komsos Dengan Masyarakat Desa. Dandim 0419/Tanjab Hadiri Tabligh Akbar Babinsa Dan Warga Laksanakan Patroli Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan Bentuk Kepedulian Wilayah, Babinsa Bantu Tanam Padi.

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:38 WIB

Peduli Lingkungan, Persit KCK Koorcab Rem 042 Tanam Mangrove

Kuala Tungkal,kodimtanjab.com – Sebagai bentuk peduli dalam pelestarian lingkungan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli melakukan kegiatan yang berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove.

Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya setelah melakukan penanaman pohon mangrove di Fesa Sinar Kalimantan, Kecamatan Mendahara, Jum’at, (18/06/2021).

BACA JUGA  Pembangunan MCK Umum Telah Rampung Dibangun Oleh Satgas TMMD Kodim 0419/Tanjab

Kegiatan menanam bakau yang didampingi oleh Danramil 0419-01 MS dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting Cabang XXVI Tungkal Ulu serta unsur Fokopimcam Mendahara, Kades Sinar Harapan dengan tujuan utama sebagai pencegah abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai.

“Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa disekitar area itu” Terangnya disela-sela melakukan penanaman mangrove.

Menurutnya, saat ini sudah banyak lembaga dan elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan menanam mangrove, tujuannya tak lain untuk memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

BACA JUGA  Dukung Swasembada pangan, Babinsa dampingi petani cek tanaman padi.

Keberadaan ekosistem mangrove memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, disamping itu peran lainnya Mencegah Erosi Pantai, Mencegah Pemanasan Global, Mempengaruhi iklim dan cuaca, Menjaga Kualitas Air dan Udara, Pengembangan Kawasan Pariwisata.

Penanaman Mangrove kian di berdayakan sebab pohon Mangrove diyakini mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi dan dapat menahan arus serta sedimen yang dibawa oleh gelombang.(pentjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Memprioritaskan Protokol Kesehatan Koptu M. Yusuf bersama Masyarakat Gotong Royong Membersihkan Jalan Penghubung dua Desa

BERITA

Babinsa Dampingi Warga Desa Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi Di Wilayah.

Berita Koramil

Danramil Tungkal Ulu Hadiri Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaran Kegiatan Kelurahan.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Dampingi Petani.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/NP Cek Rutin Tanaman Padi.

Berita Koramil

Serda Gopal Babinsa Gemuruh Dampingi Petani Cek Padi Varietas Inpara 3.

BERITA

Danramil 02/Tungkal Ulu Hadiri Musyawarah Daerah MUI Kecamatan Tungkal Ulu

BERITA

Manfaatkan Waktu Libur, Sertu Juli Darsa Anjangsana Dengan Warga Binaan.