Babinsa Menghadiri Penutupan MTQ Tingkat Desa di Tanjung Tayas Babinsa Kelurahan Muara Sabak Ilir Menghadiri Pelantikan Pengurus MUI Kecamatan Muara Sabak Timur Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Sungai Paur Pasi Teritorial Kodim 0419/Tanjab Hadiri Rapat Koordinasi TPPA dan Rembuk Stunting di Tanjab Barat Babinsa dan Warga Temukan Korban Tenggelam di Sungai Pengabuan Kel. Pelabuhan Dagang

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 1 Februari 2020 - 12:54 WIB

Pendampingan Petani Memang Sudah Menjadi Salah Satu Tugas Babinsa.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna mensukseskan program swasembada pangan nasional, Kodim 0419/Tanjab melalui Babinsa turun langsung ke sawah melakukan pendampingan pertanian di kelompok tani yang ada di wilayah binaan.

Hal tersebut terlihat dari yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Muliadi yang nampak melakukan kegiatan pendampingan di kelompok tani Tani Maju Desa Rantau Makmir, Kec. Berbak, Kab. Tanjab Timur, Sabtu (01/02/2020).

Dalam kegiatan pendampingan tersebut terlihat Babinsa Serda Muliadi bersama Bapak Sarmono melakukan penyiangan gulma dan rumput pada tanaman padi secara manual dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan normal.

BACA JUGA  Babinsa Serda Hendra Fetriadi Damlingi Petani Panen Padi Seluas ± 1 Hektar.

Serda Muliadi menjelaskan, Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur disela sela atau diantar tanaman padi.

“Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi yang menyebabkan tanaman padi tidak dapat menghasilkan secara maksimal,” ungkapnya.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto melalui Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan mengatakan, Babinsa mendampingi petani memang sudah menjadi salah satu tugas pokoknya.

BACA JUGA  HUT Kodam II/Sriwijaya Ke-77, Kodim 0419/Tanjab Gelar Donor Darah.

“Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mewujudkan swasembada pangan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah,” ungkap Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan.

Sementara itu pemilik lahan sawah, Bapak Sarmono mengungkapkan rasa senang dan syukurnya atas pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa.

“Saya merasa senang dan bersyukur kepada pak Babinsa yang mau mendampingi dan membantu kami para petani, dengan adanya bapak Babinsa kami termotivasi dan terbantu dalam pekerjaan ini,” ungkap Sarmono. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Terus Gencarkan Sosialisasi Karhutla Ke Masyarakat.

Artikel

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Gelar Persami Pramuka Saka Wira Kartika

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/TI Serda Kusmanto Jalin Silaturahmi Dengan Masyarakat.

BERITA

Sambangi Warga, Babinsa Laksanakan Komunikasi Sosial.

Berita Koramil

Koramil 419-01/Muara Sabak Lakukan Seleksi Calon Anggota Paskibra Ke Sekolah-Sekolah.

Berita Koramil

Sinergi Babinsa Dengan Petani Terlihat di Persawahan.

Berita Koramil

Penanaman Padi Poktan Karya Tani Didampingi Langsung Babinsa.