Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Kamis, 2 Mei 2019 - 07:07 WIB

Sertu Agustono Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Dengan Masyarakat.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Walaupun musim penghujan masih belum berakhir namum Kodim 0419/Tanjab dan jajarannya terus melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Sertu Agustono Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir yang giat melaksanakan patroli dan sosialisasi Karhutla di RT. 06 Dusun Suka Mulya Desa Jati Emas Kecamatan Bramitam Kab. Tanjab Barat, Kamis (2/5/19).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Sertu Agustono selaku Babinsa sangat mengharapkan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

BACA JUGA  Upaya cegah terjadinya karhutla, Babinsa ajak warga binaan patroli karhutla

“Membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar merupakan tindakan yang melawan hukum dan dapat diancam dengan hukuman pidana penjara serta denda yang besar,” jelas Sertu Agustono kepada warga.

Lebih lanjut Sertu Agustono mengatakan, membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan tidak harus dilakukan dengan cara membakar, karena sekarang sudah banyak teknologi pertanian yang bisa digunakan untuk membuka lahan serta menyuburkan tanah.

BACA JUGA  Babinsa Serda Hendra Fetriadi Pantau Pertumbuhan Bibit Padi.

“Memang budaya orang tua kita jaman dahulu apabila mau bercocok tanam harus dengan cara membakar lahan dengan maksud supaya tanah menjadi subur. Tapi itu jaman dulu yang teknologi pertanian tidak semaju sekarang ini,” kata Sertu Agustono.

Sebagai Babinsa yang bertugas di desa kita harus bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya dan dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut bagi lingkungan, kesehatan maupun kegiatan ekonomi warga,” pungkas Sertu Agustono. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Sebagai Babinsa Kempas Jaya, Serda Sanu Rizal Terus Jalin Komsos Bersama Masyarakat.

Berita Koramil

Babinsa Kopda Mulyadi Bersama PPL Lakukan Pengecekan Pertumbuhan Padi Petani.

Berita Koramil

Babinsa Tanjung Bojo Bantu Petani Mengolah Lahan Sawah.

BERITA

Kuatkan hanpangan, Babinsa bantu petani tanam padi

Berita Koramil

Peran Optimal Masyarakat Peduli Api Bersama Babinsa, BKTM dan Manggala Agni Berikan Dampak Positif Cegah Karhutla

BERITA

Babinsa Dan Warga Binaan Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi.

Berita Koramil

TNI Manunggal Bersama Rakyat, Babinsa Pimpin Kegiatan Karya Bakti Membuat Pondasi Pembangunan SMA Aliyah Mishbahuddhalam.

BERITA

Babinsa koramil 01/ Muara sabak dampingi petani dalam penyemaian bibit padi.