Kodim 0419/Tanjab Gencar Lakukan Serbuan Vaksinasi. Eratkan Silahturahmi, Babinsa Desa Bangun Karya Lakukan Komsos. Dandim 0419/Tanjab Pimpin Korp Raport Pindah Satuan. Babinsa Pantau Prokes Penumpang Kapal. Babinsa Tanjung Tayas Lakukan Patroli Karhutla.

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Kamis, 2 Mei 2019 - 07:07 WIB

Sertu Agustono Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Dengan Masyarakat.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Walaupun musim penghujan masih belum berakhir namum Kodim 0419/Tanjab dan jajarannya terus melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Sertu Agustono Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir yang giat melaksanakan patroli dan sosialisasi Karhutla di RT. 06 Dusun Suka Mulya Desa Jati Emas Kecamatan Bramitam Kab. Tanjab Barat, Kamis (2/5/19).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Sertu Agustono selaku Babinsa sangat mengharapkan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

BACA JUGA  Dua Orang dengan Hasil Positif Saat di Rapid Tes, Desa Pematang Rahim Melaksanakan Kegiatan Rapid Tes untuk Seluruh Warga yang di Dampingi Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak

“Membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar merupakan tindakan yang melawan hukum dan dapat diancam dengan hukuman pidana penjara serta denda yang besar,” jelas Sertu Agustono kepada warga.

Lebih lanjut Sertu Agustono mengatakan, membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan tidak harus dilakukan dengan cara membakar, karena sekarang sudah banyak teknologi pertanian yang bisa digunakan untuk membuka lahan serta menyuburkan tanah.

BACA JUGA  Babinsa Bantu Petani Menjemur Hasil Panen Padi Warga Binaan

“Memang budaya orang tua kita jaman dahulu apabila mau bercocok tanam harus dengan cara membakar lahan dengan maksud supaya tanah menjadi subur. Tapi itu jaman dulu yang teknologi pertanian tidak semaju sekarang ini,” kata Sertu Agustono.

Sebagai Babinsa yang bertugas di desa kita harus bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya dan dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut bagi lingkungan, kesehatan maupun kegiatan ekonomi warga,” pungkas Sertu Agustono. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Talang Babat Ramil 01/Muara Sabak Hadiri Acara Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1441 H.

Berita Koramil

Bersama Petani, Babinsa Koramil 04 Koptu Timur Yono Cek Pertumbuhan Jagung

Berita Koramil

Para Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Turun Kesawah Bantu Petani Membajak Lahan Sawah.

BERITA

Babinsa Patroli Dan Sosialisasi Cegah Karhutla Bersama Warga Binaan

Berita Koramil

Babinsa 03/Tungkal Ilir Hadiri Rapat Penetapan Bakal Calon Kades Serta Pengambilan Nomor Urut Peserta Pilkades Sungai Kepayang.

Berita Koramil

Babinsa Sertu Iwannadi Terjun Langsung Ke Lahan Jagung Petani Binaan.

Berita Koramil

Optimalkan Penggunaan Alsintan, Babinsa Koramil 04 Serda Ambri Laksanakan Pengecekan

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Hadiri Dzikir dan Do’a Bersama Dalam Rangka Tahun Baru Islam 1441 Hijriah.