Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Minggu, 10 Maret 2019 - 05:48 WIB

Babinsa Katakan Dengan Memutus Perputaran Hidup Gulma Maka Dapat Mencegah Perkembangbiakan Hama.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Supratman bersama PPL bantu petani melakukan pengecekan tanaman padi yang kemungkinan terserang hama di areal persawahan kelompok tani Subur Makmur yang berada di Desa Pematang Mayan Kecamatan Rantau Rasau Kab. Tanjung Jabung Timur. Minggu (10/3/2019).

Serda Supratman mengatakan bahwa pengecekan terhadap tanaman padi merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pengecekan hama ini dapat mengurangi persaingan antara gulma denan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari.

BACA JUGA  Babinsa Lakukan Pendampingan Penjemuran Hasil Panen Padi

“Dengan memutus perputaran hidup gulma maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus, serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi,” ujar Serda Supratman.

Menurutnya, pengecekan langsung ke lapangan dilakukan untuk mengetahui dampak serangan hama tersebut dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktifitas padi yang menurun.

“Sebagai Babinsa, kita melakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga kita melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi, khususnya dalam pemberantasan hama tanaman,” paparnya.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Dengan Petani Terus Pantau Pertumbuhan Padi.

Selain pengecekan terhadap hama padi milik petani setempat, ia menyebut pendampingan kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani.

“Turunnya Babinsa ke sawah dan langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian, dimana Babinsa sebagai ujung tombak TNI di masyarakat,” pungkasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Hadiri Musrenbang Desa Rantau Jaya.

Artikel

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal ilir Laksanakan Kegiatan Komsos Bersama Warga Binaan

BERITA

Babinsa Bersama Satgas Himbau Warga Binaan Agar Tidak Membakar Lahan.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Hadiri Acara Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Kepala Desa Talang Makmur.

BERITA

Komsos dengan Masyarakat, Babinsa ajak masyarakat untuk mencegah Covid-19

Berita Koramil

TNI-Polri Amankan Ibadah Natal Umat Katolik di Gereja Santo Yakobus Desa Rantau Makmur.

BERITA

Serka Kaleb Dunand dan Koptu Mardianto Mendampingi Penyaluran Bantuan Sosial Tunai pada Masa Pandemi Covid-19

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala Desa Pandan Sejahtera.