Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Sabtu, 25 Mei 2019 - 06:04 WIB

Ditengah Teriknya Matahari Bulan Suci Ramadhan, Babinsa Serma Arafik Bantu Petani Memanen Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Peran Koramil khususnya Babinsa untuk ikut mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan benar benar direalisasikan. Selain memberikan penyuluhan, Babinsa juga turut mendampingi petani melaksanakan panen padi.

Seperti yang dilakukan oleh Serma Arafik Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir yang membantu anggota Kelompok Tani Sederhana, Bapak Amri memanen tanaman padi miliknya di Dusun Serai RT. 06 Desa Parit Pudin Kec. Pengabuan Kab. Tanjab Barat, Sabtu (25/5/19).

BACA JUGA  Babinsa 04/Nipah Panjang Lakukan Pengecekan Perkembangan Tanaman Jagung.

Serma Arafik menjelaskan, bahwa 50 hektar luas lahan milik Kelompok Tani Sederhana sudah dipanen secara bergilir. Dalam panen padi kali ini menghasilkan 4,5 ton perhektarnya.

Dengan selesainya panen padi di lahan sawah Bapak Amri ini bukan berarti selesai juga tugas Babinsa melakukan pendampingan pertanian terhadap para petani,” ujar Serma Arafik.

Kepada bapak Amri yang merupakan petani pemilik lahan, Serma Arafik berharap agar segera untuk menyiapkan lahan sawah mereka untuk musim tanam berikutnya.

BACA JUGA  Babinsa Kelurahan Pelabuhan Dagang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

“Pendampingan akan terus dilanjutkan dengan upaya khusus dalam mengolah lahan pasca panen untuk menghadapi musim tanam berikutnya,” jelas Serma Arafik.

Danramil 419-03/Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandy mengatakan, sebagai aparat teritorial tugas seorang Babinsa adalah mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam padi karena kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.  (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Dibawah terik panas, Babinsa bantu petani menanam bibit padi

BERITA

Komsos, Babinsa Pererat Silaturahmi Dengan Warga.

Berita Koramil

Danramil 01/Muara Sabak Hadiri Acara Penilaian LSS Berkarakter dan UKS/M Tingkat Nasional Tahun 2019.

Berita Koramil

Babinsa Suban Pantau Kesiapan Panitia Serta Logistik Pilkades.

BERITA

Babinsa Rawa Medang Dampingi Poktan Lakukan Pengolahan Lahan.

BERITA

Babinsa Desa Pulau Pauh Komsos Dengan Warga Desa.

Berita Koramil

Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19, Babinsa Dampingi Petani Tanam Padi.

BERITA

Kuatkan hanpangan, Babinsa bantu petani menanam padi