Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Rabu, 10 Juli 2019 - 07:17 WIB

Babinsa Serka Juhendri Turun Langsung Membantu Petai Panen Padi Seluas 0,5 Hektar.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna membantu kelancaran panen padi di sebagian wilayah Kabupaten Tanjab Barat yang sedang berlangsung, Koramil jajaran Kodim 0419/Tanjab mengerahkan para Babinsa untuk membantu dan mendampingi kegiatan panen padi di wilayah binaan masing masing.

Salah satunya Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu, Serka Juhendri yang turun langsung membantu panen padi seluas 0,5 hektar di lahan Bapak Sabri di Desa Rawa Medang, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Rabu (10/07/19).

Dari pantauan Babinsa di lapangan, di lahan sawah yang ditanami jenis padi varietas Inpara tersebut, panen padi dilakukan dengan menggunakan mesin Combine Harvester dan langsung dirontokan menggunakan alat perontok milik kelompok tani.

BACA JUGA  Babinsa Bantu Penjemuran Pasca Panen Padi Di Desa Binaan

Terpisah, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain mengatakan, aktifitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahan pangan guna mendukung  dan membantu petani dalam pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah.

“Pengawalan dan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini tidak hanya saat panen padi saja, namun juga dilakukan ketika pendistribusian benih dan pupuk. Selain itu Babinsa juga aktif turun ke lapangan mulai masa penyiapan lahan, masa tanam dan masa perawatan,” terangnya.

BACA JUGA  Petugas Puskesmas Rantau Rasau Dikawal Babinsa Serda M. Joni Soslisasi Protokol Kesehatan dan Cek Suhu Badan Kepada Pedagang Pasar.

Dengan turunnya Babinsa ke lapangan diharapkan mampu memberikan motivasi bagi petani dalam meningkatkan produksi pangan.

Babinsa juga tentunya akan membantu setiap hambatan dan kendala yang dihadapi petani guna dicarikan solusi mengatasinya namun tentunya akan dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan Poktan dan PPL atau BPP setempat,” pungkas Danramil. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Mempunyai Lahan Hutan yang Luas, Babinsa Ramil 03 Bersama Personel Gabungan Himbau Keras Warga Kec. Bram Itam Tidak Bakar Lahan

BERITA

Bagikan Ribuan Masker di dalam Kota Tungkal, Dandim dan Kapolres Ingatkan Pandemi Belum Berakhir.

BERITA

Pimpinan Upacara HUT TNI Ke-77, Dandim 0419/Tanjab Bacakan Amanat Panglima TNI.

Berita Koramil

Babinsa Koptu Pirdaus Dampingi Petani Pupukan Tanaman Padi.

Berita Koramil

Babinsa Koto Kandis Dendang Koramil 419-01/Muara Sabak Ikuti Rapat Musrenbang Desa Tahun 2019.

Berita Koramil

Babinsa Pematang Rahim Gendong Pelajar SD Melewati Genangan Banjir.

Artikel

Kolaborasi dan Konsultasi untuk Pembangunan yang Berkualitas, Babinsa Koramil 419-01/Muara sabak menghadiri Musrenbang Desa Majelis Hidayah

Berita Koramil

Babinsa Sertu Meiswendri Bersama Poktani Tanam Perdana Padi Beras Merah.