Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Jumat, 9 Agustus 2019 - 08:39 WIB

Babinsa Tanjung Bojo Dampingi Petani Dalam Proses Pengolahan Gabah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pendampingan yang diberikan oleh Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Kodim 0419/Tanjab kepada kelompok tani diwilayah desa binaan tidak hanya pada saat pengolahan lahan saja, akan  tetapi sampai ke proses pengolahan gabah pun tetap di dampingi.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Serka M. Olis, Babinsa Tanjung Bojo yang mendampingi bapak Yono menjemur padi yang sudah dipanen dari lahan sawah di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang Asam Kab. Tanjab Barat, Jumat (09/08/19).

BACA JUGA  Pasiter Kodim Tanjab Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kab. Tanjab Barat.

Proses penjemuran padi tersebut merupakan salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum gabah siap dikonsumsi. Disamping itu juga dilakukan guna untuk menghindari gabah supaya tidak lembab, rusak dan busuk pada saat akan disimpan.

Yono, salah seorang petani kelompok tani Usaha Baru mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pendampingan, pengetahuan serta membimbing kelompok tani mereka.

Hal tersebut dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan hingga masa panen seleai bahkan sampai pengolahan gabah.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 04/NP Bersama Petani Cek Pertumbuhan Padi.

Sementara itu Serka M. Olis menegaskan, dengan melakukan penjemuran, gabah tersebut tidak akan lembab, mudah rusak, busuk dan menurun mutunya disamping itu gabah juga akan tahan lama dalam penyimpanan.

Lebih lanjut Serka M. Olis menambahkan semoga dengan koordinasi yang baik antara Babinsa, PPL dan para Petani dapat memaksimalkan produksi padi. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Lakukan Patroli Pencegahan Karhutla Bersama Warga

BERITA

Melalui Komsos, Silaturahmi Babinsa Dan Warga Terjalin Erat.

BERITA

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Komsos Dengan Warga Pasar

Berita Koramil

Serka Hasan Basri Selaku Babinsa Membantu Membuat Jamban Sehat Untuk Warga Binaan.

Artikel

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu dampingi Penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap IV Tahun 2023

BERITA

Wujud Ketahanan Pangan, Babinsa Bantu Panen Padi Di Wilayah Binaan.

Berita Koramil

Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2019, Babinsa Cek dan Kontrol Poskamling Yang Ada Diwilayah Binaan.

BERITA

Pererat Silaturahmi, Sertu Yaumul Kunjungi Warga Binaan.