Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 21 November 2019 - 13:43 WIB

Babinsa Serma Juhendri : Pengolahan Menggunakan Alsintan Traktor Roda 4 Bertujuan Untuk Memperbaiki Sifat Fisik Tanah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serma Juhendri melaksanakan pendampingan petani pada pembajakan dan pengolahan lahan sawah di Desa Rawa Medang, Kecamatan Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Kamis (21/11/19).

Kegiatan pembajakan dan pengolahan lahan sawah ini dilakukan di lahan milik Bapak Suwindar guna mempersiapkan musim tanam periode Oktober – Maret dengan menggunakan mesin traktor.

Serma Juhendri, saat di jumpai dilokasi mengungkapkan bahwa pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.

BACA JUGA  Babinsa himbau warga binaan untuk tidak membakar lahan

“Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan leluasa,” tuturnya.

Sementara itu, pemilik lahan sawah Bapak Suwindar mengatakan sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa dilapangan.

“Selain pendampingan secara langsung, Pak Babinsa juga sering menghimbau kami untuk mempercepat tanam padi seusai masa panen,” ujarnya.

BACA JUGA  Serka Gunarto Bantu Petani Lakukan Pembersihan Dan Pengolahan Lahan Sawah.

Secara terpisah, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain, SH, menuturkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini merupakan dalam rangka percepatan masa tanam padi.

“Hal ini dilakukan untuk memotivasi para petani dalam pengolahan lahan menghadapi musim tanam okma guna penguatan kapasitas produksi pangan menuju pancapaian swasembada pangan,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Cegah Karhutla Bersama Warga Binaan

BERITA

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Anggota Koramil 02/Tungkal Ulu Bersihkan Pangkalan.

BERITA

Ciptakan Keakraban, Babinsa Sambangi Warga Desa Binaan.

BERITA

Sertu Ismed Ajak Warga Binaan Patroli Karhutla.

Berita Koramil

Babinsa 04/NP Melakukan Pemulihan Pasca Kebakaran Lahan Gambut di Parit 3 Kanan RT. 07 Dusun 2 Desa Air Hitam Laut.

BERITA

Babinsa Laksanakan Komsos Didesa Binaannya.

BERITA

Babinsa Dampingi Warga Binaan Mengecek Tanaman Padi

BERITA

Dampingi Peninjauan Tanaman Jagung, Serda Silitonga : Guna Menjaga Ketahanan Pangan.