Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Selasa, 3 Desember 2019 - 15:12 WIB

Masuki Musim Penghujan, Babinsa Bantu Petani Membajak Lahan Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Kodim 0419/Tanjab Serka M. Olis mendampingi petani mengolah dan membajak lahan sawah di Desa Tanjung Bojo, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Selasa (3/12/19).

Pengolahan lahan kali ini berupa pembajakan sawah seluas 1 hektar milik bapak Yanto, anggota kelompok tani Usaha Baru, dengan menggunakan satu unit traktor tangan (hand tracktor) milik kelompok tani.

BACA JUGA  Koramil 01/Muara Sabak Akan Selalu Mendampingi Penyaluran Bansos Tahap III dari APBD Provinsi.

Ditengah kegiatan pendampingan tersebut, Serka M. Olis mengatakan, pembajakan lahan sawah ini merupakan proses pembalikan tanah guna memperbaiki sifat fisik tanah sehingga lahan dapat digunakan untuk masa tanam padi berikutnya.

“Pengolahan lahan dengan menggunakan traktor dapat membantu menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan menggunakan traktor akan mengubah sifat fisik tanah pada lapisan atas yang semula keras menjadi gembur dan melumpur,” ujar Serka M. Olis.

BACA JUGA  Babinsa Desa Lagan Ulu Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi.

“Tidak hanya itu saja, keuntungan lain bila membajak sawah dengan traktor maka gulma akan mati terbenam dan membusuk yang kemudian menjadi humus sehingga tanah menjadi lebih subur dan siap ditanami,” tambahnya.

Aktivitas pendampingan gang dilakukan oleh Babinsa merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna meningkatkan produksi pangan sekaligus membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Sinergitas Aparat Wilayah Kec. Bram Itam Beraksi Cegah Karhutla

BERITA

Babinsa Bantu Warga Menanam Bibit Padi

BERITA

Babinsa Dampingi Penjemuran Hasil Panen Padi.

BERITA

Babinsa dan Warga Desa Rutin Patroli Karhutla.

Berita Koramil

Pak Petani Sangat Senang Didampingi Babinsa Ke Sawah.

Berita Koramil

Poktan Beringin Rindang Panen Padi Ciherang Seluas 1 Ha Dibantu Langsung Babinsa 02/Tungkal Ulu.

Berita Koramil

Babinsa Serda Astomo Wedi Laksanakan Komsos Sekaligus Membantu Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban.

Artikel

Serka Arapik Rizal Laksanakan Komsos Bersama Warga Binaannya