Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Minggu, 6 September 2020 - 13:29 WIB

Wujudkan Percepatan Luas Tambah Tanam Koramil 04/Nipah Panjang Operasionalkan Brigade Alsintan.

Nipah Panjang, kodimtanjab.com – Guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan di wilayah, terlebih memasuki masa tanam (MT) padi tahun 2020, Koramil 419-04/Nipah Panjang Kodim 0419/Tanjab, melakukan pendampingan dalam pengolahan lahan dan tanam padi di sejumlah Poktan yang tersebar di wilayah Kecamatan Nipah Panjang.

Kali ini Babinsa Simpang Datuk Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Ambri melakukan pendampingan pengolahan lahan di area Poktan Harapan Mulia Desa Simpang Datuk Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjab Timur, Minggu (06/09/2020).

Guna membantu optimalisasi pengolahan lahan tersebut, Koramil 04/Nipah Panjang menurunkan satu unit Traktor R2 Brigade Alsintan Kodim 0419/Tanjab, yang dalam operasionalnya mendapat pendampingan langsung dari Babinsa di wilayah binaan masing-masing. Operasional Brigade Alsintan Kodim 0419/Tanjab di wilayah Nipah Panjang ini berjalan dengan lancar.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Bujang bersama Kelompok Tani Turun ke Lahan Tanaman Padi guna Melakukan Pengecekan

Selain, mengioperasionalkan Brigade Alsintan (Alat Mesin Pertanian), dalam upaya percepatan dan perluasan tambah tanam ini, para Babinsa Koramil 04/Nipah Panjang juga melakukan pendampingan dalam tanam padi yang dilakukan para petani yang tergabung dalam Poktan/Gapoktan.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf A. Tarigan, mengungkapkan, dioperasionalkannya hand traktor TR2 dari Brigade Alsintan Kodim 0419/Tanjab, bertujuan untuk membantu para petani dalam persiapan dan percepatan masa tanam.

BACA JUGA  Danramil 0419-05/Geragai Terima Kunjungan kerja fan pengecekan pos SKK Migas penguatan Binter wilayah Kodim 0419/Tanjab oleh Tim Sterad tahun 2023

Pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanam merupakan salah satu kunci utama dari keberhasilan panen, selain pemupukan, perawatan dan jaringan irigasi. “Diharapkan melalui pengolahan lahan yang maksimal ini, hasil panen ke depan akan lebih optimal sehingga para petani akan diuntungkan dan swasembada pangan akan tercapai,” ujar Danramil. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Setelah Masa Panen Selesai, Babinsa & Petani Gencar Mengolah Lahan Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Serma Adi Saputra Hadiri Acara Deklarasi Damai Pilkades Kecamatan Dendang.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Bersama Lurah Pimpin Karbak Jum’at Bersih.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-04/NP Koptu M. Afrizal Cek Lahan Sawah Menjelang Panen.

BERITA

Babinsa Dampingi Petani Desa Lakukan Peninjauan Tanaman Jagung

BERITA

Babinsa Dan Petani Di Wilayah Binaan Meninjau Pertumbuhan Tanaman Padi

Berita Koramil

Babinsa Catur Rahayu Hadiri Kunjungan Kadispen Tanjab Timur Pada UNBK SMPN 24 Dendang.

Berita Koramil

Babinsa Sungai Tering Jadi Irup Pada Upacara Bendera di SMPN 16 Desa Sungai Tering.