Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 3 Desember 2020 - 14:05 WIB

Babinsa Koramil 01 Muara Sabak cek lahan jagung bersama petani.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com -Upaya anggota TNI-AD untuk mendukung ketahanan pangan dengan melakukan pendampingan pada petani terus dilakukan. Pendampingan yang dilakukan pun tidak hanya pada petani padi tapi juga petani palawija yang menanam jagung.

Hal itu seperti ditempuh Sertu Arapik Rizal anggota Babinsa Koramil 01/Muara Sabak yang melaksanakan pendampingan ke petani dengan melakukan pengecekan persiapan panen jagung di lahan milik Amin bapak Absori di Dusun Sido mulyo Desa kota Baru Kec. Geragai. Kamis (03/12/2020).

Babinsa Dusun Sido mulyo Desa kota Baru Koramil 01/Muara Sabak Sertu Arapik Rizal, mengaku sudah menjadi tugas keseharian anggota TNI untuk mendampingi petani dalam menggarap lahan, menyiangi tanaman, melakukan penyemprotan hama, pengecekan dan pemanenan tanaman.

BACA JUGA  Serda Sugiharto Selaku Babinsa Berikan Sosialisasi Tentang Karhutla Kepada Warga.

Karena di Dusun Sido mulyo Desa kota Baru ada salah satu petani, yakni Absori yang menanam jagung di lahan 1 hektar dan siap panen, maka saya berusaha melakukan pengecekan tanaman sebelum dipanen. Apakah buah jagung sudah siap dipanen atau belum,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, pendampingan ke petani jagung dilakukan guna memastikan apakah tanaman jagung yang siap panen tersebut aman dari hama. Pengecekan secara rutin sebelum panen akan bisa mendeteksi hama yang bakal menyerang tanaman.

BACA JUGA  Kuatkan hanpangan, Babinsa dan petani pantau tanaman padi

“Jika sampai tidak ada pendampingan dengan tindakan pengecekan tanaman dari awal menanam, penyiangan dan siap panen, dikhawatirkan hama yang menyerang tanaman jagung tidak terdeteksi sehingga menyebabkan gagal panen,” katanya.

Petani pemilik lahan jagung di Dusun Sido mulyo Desa kota Baru sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 01/Muara Sabak yang telah memberi arahan dan bimbingan. Dengan pendampingan yang telah dilakukan petani jadi tahu cara bertani yang baik dan benar. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Serda Ambri Lepas Pawai 1 Muharram 1441 H/2019.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Bersama PPL Dampingi Petani Panen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Nipah Panjang Koptu Roni Turun Langsung Ke Lokasi Persawahan.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Bantu Poktan Lakukan Perawatan Tanaman Jagung.

BERITA

Serda Mujais Ajak Warga Desa Lakukan Patroli Cegah Karhutla.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 01/Ma. Sabak Rutin Lakukan Patroli Disertai Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan.

BERITA

Babinsa Monitoring Penyaluran BLT Di Wilayah Desa Binaan

BERITA

Babinsa Laksanakan Pendampingan Penanaman Padi