Danramil Hadiri Pertemuan Pelaksanaan Perencanaan PIN Polio di Kecamatan Merlung Danramil Bentuk Siswa dan Siswi yang Berkarakter di SMAN 2 Tanjung Jabung Timur Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Sosialisasikan Secaba PK Keahlian Pria Khusus Pertanian di SMKN 3 Tanjab Timur Bati Puanter Kodim 0419/Tanjab Tekankan Disiplin pada Siswa Siswi SMKN 1 Tanjab Barat Danramil 419-02/Tungkal Ulu Hadiri Penyerahan Bantuan Gizi untuk Ibu Hamil dan Anak di Tungkal Ulu

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Kamis, 28 Maret 2019 - 07:34 WIB

Babinsa Kemuning Bantu Petani Tanam Padi Tanah Ladang.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Serka Tulus Gultom melaksanakan pendampingan membantu petani menanam padi tanah ladang dengan sistem Tanpa Olah Tanah di RT 07 Desa Kemuning Kec. Bram Itam Kab. Tanjab Barat. Kamis (28/3/2019).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini merupakan bentuk komitmen Kodim 0419/Tanjab dan jajarannya untuk terus mendukung dan meningkatkan produksi padi secara nasional, terutama dilahan kering.

Seperti yang kita ketahui bersama, padi gogo jenis Invara 3 dalam masa proses pertumbuhannya hanya mengandalkan air yang didapat dari curah hujan saja. Karena itu padi jenis ini sangat cocok ditanam pada saat sekarang ini.

BACA JUGA  Babinsa, Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan MPA Lakukan Patroli Terpadu Demi Cegah Terjadinya Karhutla.

“Dengan sistem Tanpa Olah Tanah ini, sekalipun tanah kering masyarakat tetap bisa menanam padi. Masyarakat tidak perlu repot untuk mengolah lahan seperti pengolahan lahan sawah basah.” Kata Serka Gultom.

Menurut Babinsa, tanam padi dengan sistem tanpa olah lahan ini merupakan cara alternatif warga setempat untuk menanam padi dengan kondisi sarana pengairan yang minim.

“Salah satu keunggulan tanam padi dengan sistem tanpa olah tanah ini, sawah yang akan ditanam tidak perlu diolah secara berat dan dilumpurkan, tetapi cukup dilakukan pengolahan secara ringan saja,” ujar Serka Gultom.

BACA JUGA  Danramil Hadiri Pertemuan Pelaksanaan Perencanaan PIN Polio di Kecamatan Merlung

“Salin itu masyatakat Desa Kemuning ini juga sebelumnya sudah pernah mengerjakan hal ini dan mereka sangat aplikatif,” sambungnya.

Apa yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir ini mendapat apresiasi dari Ketua Kelompok Tani Subur Makmur bapak Nardi yang mengucapkan banyak terima kasih atas pendampingan, bantuan, dan motivasinya dalam menanam padi. “Kami berharap kegiatan pendampingan ini dapat terus berlanjut.” Katanya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Tingkatkan Stamina dan Jaga Kebugaran Jasmani, Personil Kodim 0419/Tanjab Laksanakan Lari Pagi.

BERITA

Babinsa ajak masyarakat patroli guna mencegah karhutla

Berita Koramil

Petani Sangat Terbantu Dengan Adanya Pendampingan Dari Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak.

Berita Koramil

Babinsa Kota Kandis Dendang Bantu Petani Panen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri BimTek Saksi Partai Politik Pemilu 2019 Sekecamatan Berbak.

Berita Koramil

Babinsa 01/Muara Sabak Bantu Petani Memanen Padi.

Berita Koramil

Danramil Nipah Panjang Hadiri Upacara Peringati Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-74 Tahun 2020.

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Ulu Hadiri Rapat Pembentukan Panitia Dalam Rangka Mempersiapkan Kegiatan Tabligh Akbar.