Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Sabtu, 28 September 2019 - 14:00 WIB

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Tak Kenal Lelah Mengingatkan Warga Binaan Tentang Pencegahan Karhutla.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com –  Turunnya hujan beberapa hari terakhir ini sangat membantu Tim Terpadu Satgas penanggulangan Karhutla. Walaupun dengan intensitas yang tidak terlalu deras namun hujan tersebut telah berhasil memadamkan titik api disejumlah tempat.

Padamnya titik api di beberapa tempat ini ditindak lanjuti oleh Danramil 419-03/Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandy dengan memerintahkan personel Babinsanya untuk lebih gencar melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada perangkat desa dan masyarakat yang mempunyai lahan di wilayah masing masing.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Kusmanto yang secara langsung memberikan sosialisasi dan edukasi kepada perangkat desa dan warga bertempat di Balai Desa Sungai Kepayang, Kec. Senyerang, Tanjab Barat, Sabtu (28/09/19).

BACA JUGA  Babinsa Sebagai Apter Terus Lakukan Pendekatan Kepada Masyarakat.

Dalam sosialisasinya, Serda Kusmanto menjelaskan bahwa pelaku pembakar lahan dapat di jerat dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda setinggi-tingginya 10 Milyar Rupiah.

“Untuk itu, guna mengantisipasi terjadinya, sangat diperlukan adanya kerjasama dari aparat desa dan masyarakat sehingga lingkungan kita dapat terjaga dengan baik,” kata Serda Kusmanto.

“Mulai sekarang hindari dan jangan lagi kita membakar lahan kebun apapun alasannya, karena dampak dari kebakaran hutan dan lahan sudah kita rasakan sendiri dengan tebalnya asap yang mengganggu kesehatan kita,” sambungnya.

BACA JUGA  Pengecekan Akan Terjadinya Bencana Hidrometreologi di wilayah Koramil 419-04/Nipah Panjang

Lebih lanjut, Serda Kusmanto menuturkan, bentuk kegiatan sosialisasi yang dilakukannya antara lain dengan melakukan pemasangan spanduk karhutla di tempat-tempat strategis, serta memberikan himbauan secara langsung kepada warga masyarakat dalam setiap kesempatan, seperti yang dilakukannya hari ini.

“Selain spanduk, saya juga sudah berkoordinasi dengan aparatur desa untuk ikut mensosialisasikan bahaya, ancaman dan sanksi hukuman bagi siapa saja yang kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan,” ujarnya.

“Saya berharap sosialisasi yang saya sampaikan ini dapat diteruskan kepada warga yang lainnya. Dan saya juga sangat mengharapkan peran serta aparat desa untuk ikut mensosialisasikan hal ini ke warga masyarakat,” imbuhnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Bersama BKTM Polsek Dendang Sertu Nurchabib Selaku Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Turut Mendampingi Penyaluran BLT-DD di Desa Ka. Dendang

Berita Koramil

Babinsa Rasau 1 Ramil 04/Nipah Panjang Cek Perawatan Tanaman Padi.

Berita Koramil

Sudah Masuk MT. Asep 2019, Babinsa Bantu Petani Mengolah Lahan Sawah.

Berita Koramil

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjab Barat Akan Mendirikan Pos Terpadu Pemeriksaan Covid -19.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Hanasri Lakukan Komunikasi Sosial di Lingkungan RT. 03 Desa Pulau Pauh.

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Harapan Pantau Kegiatan Gebyar PKLK SLB Kuala Tungkal.

BERITA

Melalui Komsos, Babinsa Jaga Silahturahmi Dengan Masyarakat

Berita Koramil

Pengecekan Bibit Jagung yang Memasuki 5 Minggu oleh Babinsa Koramil Nipah panjang Peltu S.A.Sinurat