Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Rakor dan Sinkronisasi Kegiatan Optimasi Lahan Dana APBN Tahun 2024 Kabupaten Tanjab Timur Ziarah dalam Memperingati HUT ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana Danramil Turut Mensupport Gerakan Pangan Murah untuk Masyarakat Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Danramil 419-01/Muara Sabak Sosialisasi Penanggulangan Dampak Sismik di Kelurahan Rantau Indah Danramil Dampingi Tim Dirjed Tanaman Pangan dalam Kegiatan Opla dan Pompanisasi Di Muara Sabak

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Selasa, 4 Juni 2019 - 07:28 WIB

Babinsa 02/Tungkal Ulu Bantu Penjemuran Gabah Hasil Penen.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pendampingan yang diberikan oleh Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Kodim 0419/Tanjab kepada kelompok tani diwilayah desa binaan tidak hanya pada saat pengolahan lahan saja tapi sampai ke proses pengolahan gabah pun tetap di dampingi.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Serda Gopal, Babinsa Desa Gemuruh yang mendampingi petani menjemur padi yang sudah dipanen dari lahan sawah mereka di Desa Gemuruh Kecamatan Tungkal Ulu Kab. Tanjab Barat, Selasa (4/6/19).

BACA JUGA  Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Komsos Dengan Aparatur Desa.

Proses penjemuran padi tersebut merupakan salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum gabah siap dikonsumsi. Disamping itu juga dilakukan guna untuk menghindari gabah supaya tidak lembab, rusak dan busuk pada saat akan disimpan.

Sugondo, salah seorang petani kelompok tani Usaha Jaya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pendampingan, pengetahuan serta membimbing kelompok tani mereka.

Hal tersebut dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan hingga masa panen seleai bahkan sampai pengolahan gabah.

BACA JUGA  Sosialisasikan bahaya covid 19, Babinsa komsos dengan warga binaan.

Sementara itu Serda Gopal menegaskan dengan melakukan penjemuran, gabah tersebut tidak akan lembab, rusak, busuk dan menurun mutunya disamping itu gabah juga akan tahan lama dalam penyimpanan.

Lebih lanjut Serda Gopal menambahkan semoga dengan koordinasi yang baik antara Babinsa, PPL dan para Petani dapat memaksimalkan produksi padi. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Pendampingan Hanpangan Dilakukan Oleh Peltu S.A Sinurat Kepada Petani

Artikel

Sertu Sutoyo Laksanakan Komsos Bersama Warga Binaannya

Berita Koramil

Poktan Adil Makmur Dibantu Babinsa Serda Muliadi Cek Pertumbuhan Padi.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-03/Tungkal Ilir Turun Kesawah Membantu Petani Membersihkan Gulma.

Berita Koramil

Patuhi Protokol Kesehatan, Babinsa 03/Tungkal Ilir Monitoring Kegiatan Kampanye Cabup dan Cawabup Tanjab Barat.

Berita Koramil

Babinsa Nipah Panjang 1 Hadiri Acara Safari Duha Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tanjab Timur.

BERITA

Babinsa Lakukan Komunikasi Sosial Dengan Warga

BERITA

Gunakan Jonder, Babinsa Lagan Ulu Bantu Warga Binaan Membajak Sawah.