Babinsa Turut Hadir dalam Konvergensi Lintas Sektoral dan Lintas Program dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Babinsa Koramil 419-07/Merlung Laksanakan Penyelidikan Keberadaan Gajah Liar di Wilayah Kecamatan Renah Mendaluh Pabungdim 0419/Tanjab Turut Hadir dalam Meriahkan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Kegiatan Jam Komandan Danramil 419-02/T.Ulu Diisi dengan Pengecekan HP Anggota Guna Mencegah Judi Online Danramil 419-03/Tungkal Ilir Laksanakan Pengecekan HP Prajurit

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 21 Maret 2019 - 08:17 WIB

Bantu Bersihkan Gulma Padi, Babinsa Inginkan Pertumbuhan Padi Yang Baik.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh subur pada lahan persawahan. Biasanya gulma tumbuh subur disela sela tanaman padi petani. Keberadaan gulma ini menjadi ganguan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman padi.

Guna meningkatkan produktifitas pertumbuhan tanaman petani tersebut, Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Serda Mujais Afarius turun kesawah membantu petani membersihkan gulma pengganggu tanaman padi. Kamis (21/3/2019).

Kegiatan membantu petani membersihkan gulma ini dilakukan di lahan seluas ½ hektar milik bapak Suharyadi yang merupakan anggota kelompok tani Suka Maju Kelurahan Talang Babat Kec. Muara Sabak Barat Kab. Tanjab Timur.

BACA JUGA  Cegah Kelangkaan, Babinsa Bersama Tiga Pilar Monitoring Pendistribusian Gas LPG

Dijelaskan Serda Mujais bahwa gulma dapat menurunkan hasil panen petani karena dengan membiarkan gulma tumbuh subur dapat menjadi pesaing utama padi dalam pengambilan unsur hara, air maupun pupuk yang diberikan oleh petani sehingga nitrisi yang seharusnya cukup untuk tanaman padi jadi berkurang karena gulma.

BACA JUGA  Babinsa Kampung Nelayan Jalin Komunikasi Sosial Dengan Warga Binaan.

Disamping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga jika kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan akan sangat merugikan.

Dalam kegiatan ini, Babinsa bersama petani membersihkan gulma secara alami dnegan cara dicabut agar tidak merusak tanaman padi. Pembersihan gulma inipun dilakukan pada saat padi mencapai umur 30 hari agar padi dapat tumbuh normal. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Dampingi Petani Untuk Panen Padi.

BERITA

Babinsa Dampingi Pengecekan Tanaman Jagung Di Wilayah Binaan

Artikel

Sosialisasi 3D dan 2D Seismic Survey di Tanjab Timur: Kolaborasi Efektif untuk Masa Depan Energi

BERITA

Semangat Babinsa Bantu Warga Panen Padi.

BERITA

Hanpangan, Babinsa Dan Petani Lakukan Pengecekan Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa Dan Satgas Karhutla Lakukan Pengecekan Embung Di Wilayah Binaan.

BERITA

Berbuat terbaik untuk rakyat, Babinsa Dampingi petani cek tanaman padi

Berita Koramil

Babinsa Tanjung Makmur Kopka Syahrial Komsos Dengan Masyarakat.