Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Senin, 25 Februari 2019 - 10:13 WIB

Babinsa Ramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Ramil 419-04/Nipah Panjang Serma Ferry Manurung beserta rekan rekan babinsa menghadiri Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Rantau Rasau Kab.Tanjung Jabung Timur. Senin (25/2/2019).

Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Pencegahan Demam Berdarah ini dihadiri oleh Camat Rantau Rasau yang diwakili Sekcam Endi A.Md, Kepala Puskesmas Rantau Rasau Kurniawan S.KM, Babinsa Serda Supratman, Serda Sutrianto dan Koptu Roni, Kades/Lurah SeKec. Rantau Rasau, Dokter Puskesmas Dr. Reymon Sianipar, Kepala Pustu dan Pegawai Puskesmas Rantau Rasau 15 Orang serta masyarakat sekitar.

Membuka rapat koordinasi tersebut, Kepala Puskesmas Rantau Rasau Kurniawan, S.KM dalam sambutannya menyampaikan perkembangbiakan nyamuk demam berdarah didaerah kita sudah sangat tinggi karena didukung cuaca musim penghujan saat ini.
Sudah banyak korban yang timbul akibat gigitan nyamuk Aedes Aegipty tersebut, sehingga perlu pencegahan sedini mungkin sebelum menimbulkan korban lebih banyak lagi.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Warga Binaan Yang Akan Melaksanakan Rapid Test Antigen

Sekcam Rantau Rasau Endi, A.Md yang mewakili Camat, pada sambutannya menyambut baik dengan diadakanya rakor dan sosialisasi ini, yang mana dalam penangulangganya perlu didukung oleh semua Dinas lintas sektoral. Hal ini bukan saja tugas dari Dinas Kesehatan, tetapi masyarakat juga perlu membantu dalam pencegahan DBD ini, dengan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Sementara itu, Dr. Reymon Sianipar dalam pengenalan dan gejala yang timbul dari penyakit DBD mengatakan agar masyarakat mengetahui dan mengenali jenis penyakit DBD supaya dapat di tanggulanggi sejak dini kemudian untuk menekan sedini mungkin penyebaran penyakit ini.

BACA JUGA  Danramil 419-04/Nipah Panjang Pimpin Kegiatan Minggu Militer dan Evaluasi Kinerja Babinsa.

Lebih lanjut, Dr. Reymon Sianipar menerangkan bahwa penyakit/Virus demam berdarah ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegipty yang terbiasa bersarang digenangan air bersih, digantungan baju baju bekas, diluar maupun didalam rumah,” terangnya.

Dokter Reymon sangat berharap sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini dapat diteruskan kepada warga masyarakat yang ada di desa, dan segera diadakan tindakan preventif dengan menjaga kebersihan lingkungan, mengadakan penyemprotan/foging dilingkungan perumahan masyarakat.

Kegiatan rakor dan sosialisasi ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat untuk wilayah Kecamatan Rantau Rasau sekitar ± 500 kartu. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Berikan Sosialisasi Serta Himbauan Karhutla Kepada Masyarakat.

Berita Koramil

Babinsa Sebagai Aparat Teritorial Melaksanakan Komunikasi Sosial Bersama Masyarakat.

Berita Koramil

Danramil 419-04/Nipah Panjang Pimpin Kegiatan Minggu Militer dan Evaluasi Kinerja Babinsa.

Berita Koramil

“Tidak ditemukannya Titik Api pada Patroli Cegah Karhutla saat ini Bukan Berarti Semuanya Aman” Tegas Babinsa Ramil 04 Koptu M. Yusuf

Berita Koramil

Babinsa Rawa Medang Bantu Kelompok Tani Panen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Serda Gopal Telah Datang Ke Lahan Sawah Melaksanakan Pengecekan dan Pendampingan.

Berita Koramil

Penumpang Speed Boat di Cek Cek Suhu Tubuh oleh Babinsa Bersama Gugus Tugas Covid-19 Tanjab Barat.

BERITA

Danramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan serta Pencegahan Kabut Asap di Kab. Tanjab Timur