Bersama Warga, Babinsa Laksanakan Patroli Cegah Karhutla. Babinsa Dampingi Pengecekan Pertumbuhan Tanaman Padi Kepada Petani Pererat Silaturahmi Dengan Warga, Babinsa Kunjungi Warga Binaan Pasiter Kodim 0419/Tanjab Hadiri Lomba Balap Becak Babinsa Ajak Warga Binaan Untuk Mencegah Karhutla

Home / BERITA / Kegiatan Dandim

Senin, 28 Oktober 2019 - 13:28 WIB

Dandim 0419/Tanjab Hadiri Upacara Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf. M. Ary Yudistira menghadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019 di Alun-Alun Kantor Bupati, Senin (28/10/19).

Upacara dipimpin Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS dan Komandan Upacara Letda Inf.Posman Limbong dari Kodim 0419 Tanjab. Upacara ini dihadiri jajaran Ketua DPRD Mulyani Siregar, Wakapolres Kompol Wirmanto Dinata, Kajari Tri Joko, Wakil Ketua PA Zakaria Ansory, Sekda H. Agus Sanusi, Pejabat eselon II, III dan IV, PNS, TNI dan Polri dan honorer lingkungkan Pemkab Tanjab Barat. Kemudian diikuti pelajar, mahasiswa serta sejumlah ormas perempuan dan kepemudaan.

Bupati H. Safrial membacakan Sambutan Menpora mengajak menjadikan bulan Oktober sebagai bulan pemuda yang berisikan kegiatan-kegiatan kepemudaan, yang mengarah kepada penumbuhkembangan semangat persatuan dan kesatuan, serta menyemarakannya dengan spanduk, balihao, banner, dan media sosialisasi lainnya;

BACA JUGA  Dandim 0419/Tanjab Hadiri Pembukaan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” ujar Safrial.

Disampaikan juga bahwa kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

BACA JUGA  Pererat Hubungan Dengan Warga Binaan, Babinsa Lakukan Komsos.

Demikian pula, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” kata Bupati.

Terakhir seruan untuk pemudi pemuda bangsa “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Kepala Staf Kodim Tanjab Ikuti Upacara Pelarungan Bunga Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019.

BERITA

Koramil 419-4/Nipah Panjang Menerapkan Pengecekan Debit Air di Aliran Sungai Batanghari yang Menjadi Rutinitas Setiap Hari

BERITA

Bati Ter Penghubung Kodim 0419/Tanjab Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Polres Tanjab Timur.

BERITA

Cegah Hama, Babinsa Tanjung Bojo Lakukan Penyemprotan Tanaman Padi.

BERITA

Kasdim Tanjab Hadiri Apel Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019, Sinergitas TNI dan Polri.

BERITA

Babinsa Dampingi Petani Lakukan Pengolahan Lahan Tanam

BERITA

Sebanyak 20 Orang Mendapatkan BLT-DD Tahap II Di Desa Sungai Penuh Wilayah Koramil 419-04/Nipah Panjang

BERITA

Babinsa dan masyarakat terus lakukan patroli karhutla