Pastikan Kestabilan Harga Pangan Menjelang Idul Adha, BatiOps Pengubung Turut Hadiri GPM Babinsa Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Paskibraka di SMPN 3 Kuala Tungkal Jalin Silaturahmi, Pangdam II/Swj Kunjungi PT. Dexa Medica Palembang Dandim 0419/Tanjab Diwakili Pasi Intel Hadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tahun 2024 di Tanjab Barat Babinsa Dampingi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT DD Tahap II) bagi Masyarakat yang Tidak Mampu

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Kamis, 12 Desember 2019 - 14:47 WIB

Masa Panen Tiba, Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Bantu Memanen Padi Seluas 1 Ha.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna membantu kelancaran panen padi petani disebagian wilayah Kabupaten Tanjab Barat yang mulai berlangsung, Kodim 0419/Tanjab melalui Koramil jajaran mengerahkan para Babinsa untuk membantu dan mendampingi kegiatan panen padi di wilayah binaan masing masing.

Salah satunya Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu, Serda Gopal yang turun langsung membantu panen padi seluas 1 hektar di lahan milik Bapak Idris di Desa Gemuruh, Kec. Tungkal Ulu, Kab. Tanjab Barat, Kamis (12/12/19).

Dari pantauan Babinsa, di lahan sawah yang ditanami padi varietas Inpara tersebut, panen padi dilakukan petani secara manual dengan bergotong royong menggunakan sabit.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Petani Mengecek Padi

Terpisah, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain ,SH mengatakan, aktifitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahan pangan guna mendukung  dan membantu petani dalam pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah.

“Pengawalan dan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini tidak hanya saat panen padi saja, namun juga dilakukan ketika pendistribusian benih dan pupuk. Selain itu Babinsa juga aktif turun ke lapangan mulai masa penyiapan lahan, masa tanam dan masa perawatan,” terangnya.

BACA JUGA  Santai Di Warung, Babinsa Gelar Komsos Bersama Warga Binaan.

Dengan turunnya Babinsa ke lapangan diharapkan mampu memberikan motivasi bagi petani dalam meningkatkan produksi pangan.

Babinsa juga tentunya akan membantu setiap hambatan dan kendala yang dihadapi petani guna dicarikan solusi mengatasinya namun tentunya akan dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan Poktan dan PPL atau BPP setempat,” pungkas Danramil. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Lakukan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan

BERITA

Peran serta babinsa besinergi dengan satgas karhutla, berjibaku memadamkan api.

Artikel

Babinsa Koramil 419-04/Np panjang Melakukan Komsos Di Desa Binaannya.

BERITA

Babinsa himbau warga binaan untuk menjaga keamanan

BERITA

Lakukan Pengecekan Embung, Babinsa Sinergi Bersama Satgas Karhutla.

BERITA

Jalin Tali Silaturahmi, Babinsa Komsos dengan Warga Desa.

Berita Koramil

Danramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019.

BERITA

Babinsa Bantu Petani Menyiapkan Lahan Tanam