Dandim 0419/Tanjab Kunjungi RSUD Suryah Khairuddin Merlung. Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa. Babinsa Rantau Makmur Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi. Manfaatkan Warung, Babinsa Rantau Badak Lamo Komsos Dengan Warga Binaan. Babinsa Dusun Kebun Dampingi Petani Menjemur Padi.

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Selasa, 16 Maret 2021 - 19:38 WIB

Tingkatkan Kualitas Prajurit Kodim 0419/Tanjab dengan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sebagai upaya untuk membantu mengatasi ekonomi petani di masa pandemi.  Kodim 0419/Tanjab menggelar pelatihan pembuatan pupuk Kompos kepada Tamtama Remaja Kodim 0419 Tanjab, yang dilaksanakan di Desa Dataran Kempas Kec. Tebing Tinggi Kab. Tanjab Barat.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut Kodim 0419/Tanjab menggandeng Kelompok Tani Kompos Mekar Jaya RT. 12 Desa Dataran Kempas Kec Tebing Tinggi. Sedang pemateri pembuatan pupuk kompos dari Direktur Kelompok Tani Mekar Jaya, Bpk Marsono.

Penyuluhan pembuatan pupuk kompos dilaksanakan mengingat harga pupuk sangat tinggi dipasaran, sehingga banyaknya masyarakat tidak mampu untuk membeli dan hanya menanam sebagian dari lahan yang dimiliki.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Di Wilayah Binaan.

Demikian disampaikan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, di Makodim -0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, pada Selasa (16/3/2021).

Dikatakan juga bahwa, bahan – bahan pembuatan pupuk organik tersebut diantaranya POC (pupuk organik cair), eco emzyme, biochar dan pestisida nabati.

“Keempat pupuk tersebut adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti arang, serabut kelapa, air kelapa, dedaunan, em4 (bakteri baik buat pertumbuhan tanaman), dan tebu. Prosesnya di fermentasi setelah 1 minggu baru bisa kita gunakan,” jelas Dandim.

Lanjutnya mengatakan, pupuk ini bisa kita gunakan pada tanaman dan tumbuhan padi, sayuran – sayuran dan tumbuhan lainnya. Hal ini adalah suatu yang bisa menguntungkan bagi petani dengan biaya yang sangat murah meriah.

BACA JUGA  Pelda D Purba Turut Sukseskan Sosialisasi PERDA Nomor 04 Tahun 2020 Tentang Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19

Dandim juga memberikan motivasi kepada para Tamatama Remaja untuk mengajak masyarakat memanfaatkan alam sekitar. Berikan ilmu yang telah dikuasai supaya bermanfaat bagi orang banyak, bahan dari pada pupuk ini dapat kita temukan di sekeliling kita dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

“Manfaatkan serta serap betul – betul ilmu yang didapat dari penyuluhan hari ini,” pungkas Dandim.

Terpantau dilapangan para Tamtama remaja tersebut saat mengikut pelatihan pembuatan kompos didampingi oleh Babinsa wilayah Kec. Tebing Tinggi dipimpin Serma Ari Purwanto.  (Pentjb/red).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Lewat Brigade Alsintan, Babinsa Koramil Tungkal Ulu Mudahkan Petani Bajak Sawah

BERITA

Dukung Hanpangan,Babinsa Bantu Petani Menanam Padi

Berita Koramil

Patuhi Protokol Kesehatan, Babinsa 03/Tungkal Ilir Monitoring Kegiatan Kampanye Cabup dan Cawabup Tanjab Barat.

BERITA

Jalin kebersamaan, babinsa komsos dengan warga binaan.

Berita Koramil

Babinsa Koramil Nipah Panjang Serda Ambri Dorong Ketahanan Pangan Masyarakat Simpang Datuk

Berita Koramil

Babinsa Serda Astomo Wedi Laksanakan Komsos Sekaligus Membantu Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban.

BERITA

Antisipasi Karhutla, Babinsa Koramil 03/Tungkal Ilir Bersama Satgas Karhutla Pantau Wilayah

Berita Koramil

Babinsa Pembengis Pantau Perkembangan Pertumbuhan Padi.