Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 13 April 2019 - 08:29 WIB

Selaku Pendamping Petani, Babinsa Ajak Petani Cek Pertumbuhan Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Koptu Timuryono melaksanakan pendampingan petani mengecek tanaman padi di lahan bapak Jidir di Desa Karya Bakti Kecamatan Rantau Rasau Kab. Tanjab Timur, Jum’at (12/4/2019).

Koptu Timuryono mengatakan bahwa pengecekan terhadap tanaman padi merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Dalam pengecekan tersebut, Babinsa bersama petani melakukan pembersihan gulma dan rumput pengganggu. Dengan pembersihan gulma ini diharapkan dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari.

BACA JUGA  Babinsa 04/Nipah Panjang, PPL dan Poktan Turun Ke Ladang Jagung.

“Dengan memutus perputaran hidup gulma, maka dapat mencegah peekembangbiakan hama tanaman dan tikus serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat menghambat pertumbuhan akar tanaman padi,” ujarnya.

Selain pengecekan terhadap hama padi milik petani setempat, ia menyebutkan pendampingan kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani.

BACA JUGA  Serda Bambang Kuswoyo Bantu Petani Melakukan Penyemprotan Tanaman Padi.

“Turunnya Babinsa kesawah dan langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan, hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian dengan menerjunkan Babinsa sebagai ujung tombak TNI di masyarakat,” sebut Koptu Timuryono. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Dampingi Petani, Babinsa Lakukan Pengecekan dan Perawatan Padi.

Berita Koramil

Keluhan Anak SMP akan Sistem Pembelajaran Online di Patahkan dengan Motivasi yang diberikan Koptu Tegus S

Berita Koramil

Koramil Muara Sabak Distribusikan Bansos ke Warga Terdampak Covid-19.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-03/Tungkal Ilir Lakukan Sosialisasi Sekaligus Patroli Karhutla Diwilayah Binaan.

Artikel

Kopda Ade Zuhri Monitoring Warga Binaan Melalui Komsos

BERITA

Cegah Covid-19, Babinsa Koramil Muara Sabak Bersama Tim Gugus Tugas Periksa Masyarakat yang Melintas.

Berita Koramil

Serka Maulana Ali : Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Harus Kita Tanamkan Sejak Dini Kepada Generasi Muda.

Berita Koramil

Babinsa Turun Langsung Ke Sawah Cek Kondisi Padi.