Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Minggu, 12 Mei 2019 - 06:21 WIB

Babinsa Lagan Ulu Dampingi Petanai Panen Padi Seluas 3 Hektar Dengan Mesin Kombine.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Desa Lagan Ulu Sertu Muhammad melaksanakan pendampingan panen padi Kelompok Tani Sumber Jaya dilahan milik Mansyur seluas 3 hektar dengan menggunakan mesin Kombine di Desa Lagan Ulu Kecamatan Geragai Kab. Tanjab Timur, Minggu (12/5/19).

Menurut Sertu Muhammad, kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu tugas pokok Babinsa dalam upaya khusus untuk memajukan pertanian diwilayah Koramil 01/Muara Sabak, selain itu juga untuk memupuk dan menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat khususnya para petani.

BACA JUGA  Babinsa Serka Ari Purwanto Hadiri Acara Tasyakuran dan Pengukuhan Warga Baru PSHT Cabang Tanjab Barat.

“Dengan adanya program ketahanan pangan ini, para Babinsa terjun langsung kelapangan untuk membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. Hal ini dirasakan sangat membantu para petani,” kata Sertu Muhammad.

Sebagai aparat kewilayahan, sertu muhammad mengharapkan setelah mendapatkan pendampingan dari Babinsa, hasil panen para petani dapat semakin meningkat dari sebelumnya.

Dikesempatan lain, Komandan Koramil 419-01/Muara Sabak Kapten Inf Suharwo menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari pengolahan lahan, penyiapan bibit, penyemaian, penyuluhan, saat bercocok tanam sampai dengan panen merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 419-01/Muara Sabak Lakukan Pendampingan Pertanian Dalam Rangka Sukseskan Program Hanpangan.

“Hal ini bertujuan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan swasembada pangan nasional.” Ujarnya.

“Peran Babinsa menjadi sangat diharapkan oleh masyarakat khususnya para petani, apabila Babinsa rajin turun kesawah bersama petani dan melakukan pengecekan serta pendampingan itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap swasembada pangan sesuai harapan pemerintah saat ini,” pungkas Danramil. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Cegah Virus Covid-19, Babinsa 03/Tungkal Ilir Laksanakan Pendataan di Puskesmas.

BERITA

Upaya cegah karhutla, Babinsa sosialisasi dan ajak masyarakat patroli karhutla

BERITA

Babinsa Bantu Petani Desa Binaan Panen Padi

Artikel

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Laksanakan Kegiatan Komsos Bersama masyarakat Binaan

BERITA

Babinsa Kelurahan Lubuk Kambing Komsos Dengan Masyarakat.

BERITA

Dampingi petani, babinsa koramil 03/Tungkal Ilir bantu menanam padi.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Berikan Penghargaan Kepada Prajurit Berprestasi.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Suparjo Rustam Terus Dampingi Petani Memanen Padi.