Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Sabtu, 22 Juni 2019 - 06:39 WIB

Warga Teluk Dawan Mulai Membajak Sawah Pasca Panen Didampingi Babinsa Serda Eko Susilo.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Warga Kelurahan Teluk Dawan mulai membajak sawah pasca panen didampingi Babinsa Kelurahan Teluk Dawan, Koramil 419-01/Muara Sabak Serda Eko Susilo menggunakan hand traktor di persawahan Dusun Pasir Putih RT. 06 Kelurahan Teluk Dawan, Kec. Sabak Barat, Kab. Tanjab Timur, Sabtu (22/06/19).

Pengolahan lahan sawah dengan metode menggunakan mesin traktor ini adalah cara pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami padi.

BACA JUGA  Penuh Keakraban, Babinsa Bantu Warga Binaan Perbaiki Perahu.

Babinsa Serda Eko Susilo, saat ditemui mengatakan, penggunaan hand traktor ini bukanlah hal yang baru bagi petani. Hand traktor sendiri digunakan oleh para petani untuk mengubah sifat fisik tanah yang semula keras akan menjadi datar dan melumpur.

Selain itu, keuntungan lain yang didapat selama pengolahan lahan menggunakan hand traktor adalah gulma yang tumbuh akan mati dan membusuk di dalam tanah sehingga dapat menjadi humus yang sangat berguna bagi tanaman padi.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Petani Lakukan Pengolahan Lahan Sawah.

“Pengolahan lahan dengan menggunakan hand traktor ini diharapkan akan mempermudah para petani dalam merawat dan memperbaharui sifat tanah dan lumpur saat padi siap untuk ditanam,” tutur Serda Eko Susilo.

Ditambahkannya juga bahwa pembenahan galangan dan pematang sawah perlu diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Memasuki Musim Kemarau, Babinsa Sosialisasi Pencegahan Karhutla.

Berita Koramil

Babinsa Koramil Nipah Panjang Atur Arus Lalu Lintas Kendaraan.

Berita Koramil

Basmi Hama, Babinsa Semprot Padi Petani.

Artikel

Pabung 0419/Tanjab menghadiri kegiatan Kunjungan kerja Mentri lingkungan hidup dan kehutanan RI.

Artikel

Pererat Sinergi Kepada Masyarakat. Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Laksanakan Kegiatan Komsos

BERITA

Santai bersama warga, Babinsa himbau warga binaan jaga ketertiban

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Ulu Dampingi Petani Menyukseskan Swasembada Pangan.

BERITA

Babinsa Dampingi Warga Desa Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi Di Wilayah.