Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Jumat, 2 Agustus 2019 - 03:17 WIB

Koramil 03/Tungkal Ilir Bersama Tim Terpadu Sigap Padamkan Api Kerhutla Desa Muntialo.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi. Kali ini Karhutla tersebut terjadi di RT. 09 Desa Muntialo Kec. Betara, Kab. Tanjab Barat, tepatnya pada titik Koordinat : S. -1°3.12″ E. 103°,22’18” yang merupakan wilayah teritorial Koramil 03/Tungkal Ilir Kodim 0419/Tanjab, Kamis (01/08/19).

Tim patroli gabungan Karhutla Tanjab Barat yang terdiri dari Koramil 03/Tungkal Ilir, Polsek Betara, RPK Distrik 1 PT. WKS, BPBD, KMPA, Manggala Agni, Dinas Perkebunan dan UPTD KPHP dengan sigap terjun ke lokasi guna memadamkan api.

BACA JUGA  Petani Termotivasi dan Bersemangat Dalam Bertani Karena Didampingi Babinsa.

Kebakaran yang terjadi di RT. 09 Desa Muntialo tersebut membakar lahan semak belukar seluas 0,2 hektar dengan jenis tanah yang terbakar merupakan tanah gambut.

Pemadaman yang dilakukan oleh tim patroli gabungan Karhutla Tanjab Barat ini menggunakan alat pemadam milik RPK PT. WKS Distrik 1 berupa Mesin Pompa 3 Unit dan Selang 23 gulung serta alat pemadam dari BPBD Tanjab Barat berupa Mesin Pompa 4 unit dan Selang 20 gulung.

Upaya pemadaman kebakaran lahan ini terbilang tidak mudah karena angin yang cukup kencang dan jauhnya titik api di lokasi kebakaran dengan sumber air ditambah struktur lahan gambut dan semak belukar.

BACA JUGA  Babinsa Kel. Sriwijaya Rangkul Warga Binaan Untuk Melakukan Patroli Karhutla.

Hal ini membuat tim patroli gabungan Karhutla cukup kesulitan melakukan pemadaman, namun dengan semangat dan usaha yang maksimal kebakaran tersebut dapat dipadamkan oleh tim patroli gabungan Karhutla Tanjab Barat dan dilanjutkan dengan pendinginan mengingat kebakaran tersebut terjadi dilahan gambut.

Sedangkan untuk penyebab kebakaran lahan ini masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Lakukan Pendampingan Penyaluran BLT, Ini Kata Serma Juhendri

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Membantu Paoktan Menjemur Padi Hasil Panen.

BERITA

Babinsa Membantu Panen Padi Di Wilayah Desa Binaan

BERITA

Babinsa Talang Babat Dampingi Petani Meninjau Tanaman Padi.

Berita Koramil

Babinsa Bersama Polsek Kuala Jambi Kawal Panwaslu Kecamatan Kuala Jambi Dalam Kegiatan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

BERITA

Babinsa Laksanakan Pendampingan Peninjauan Jagung Kepada Warga Desa.

Berita Koramil

Babinsa Nipah Panjang 2 Dampingi Petani Cek Pertumbuhan Tanaman Kedelai.

Berita Koramil

Peran Babinsa Ikut Mensukseskan Program Hanpangan Benar-Benar Direalisasikan Dilapangan.