Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / BERITA

Senin, 2 September 2019 - 07:42 WIB

Kodim 0419/Tanjab Terus Menggenjot Upaya Mengeliminasi Titik Hotspot Yang Berpotensi Menimbulkan KARHUTLA.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Kodim 0419/Tanjab terus menggenjot upaya mengeliminasi titik panas atau hotspot yang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira, S.I.P., M.I.Pol melalui Pasiops Kapten Inf. A. Taufik Alhidayah menyatakan, para Babinsa yang tergabung dalam Tim penanganan Karhutla secara rutin dan intensif terus melakukan pemantauan serta pengecekan di lapangan terhadap titik hotspot.

“Terhadap titik hotspot yang terpantau oleh satelit, segera dilakukan pengecekan lapangan atau groundcheck untuk memastikan apakah telah kejadian kebakaran atau tidak,” kata Pasiops.

BACA JUGA  Saat Menyambangi Warga Binaan, Sertu Dodo Ajak Warga Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan.

“Apabila terjadi kebakaran, maka dapat segera diambil langkah antisipatif melalui pemadaman secara dini,” sambungnya.

Lebih lanjut Kapten Inf A. Taufik menjelaskan, para Babinsa sebagai bagian dari Tim Satgas Pengendalian Karhutla terus melakukan pemeriksaan lapangan atau groundcheck terhadap hotspot hasil pantauan satelit di sejumlah lokasi.

“Sebagai contoh, Tim 25 dan Tim 26 Subsatgas 3 Pengendalian Karhutla yang melakukan groundcheck di Desa Jati Mulya, Kecamatan Dendang,” ujar Pasiops.

BACA JUGA  Batiopsbungdim Hadiri Rapat Persiapan Pemilu Serentak Pileg dan Pilpres Tahun 2019.

Koramil bersama Polsek dan Manggala Agni bergerak ke lokasi hotspot berdasarkan pantauan satelit. Dalam pengecekan tersebut, Tim gabungan menemukan kebakaran lahan dan segera melakukan aksi pemadamanan.

“Sampai dengan saat ini, Tim masih berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan. Vegetasi semak dan lahan bergambut membuat tim harus memastikan api benar benar padam dan tidak kembali menyala,” pungkas Pasiops. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Tinjau Langsung Wilayah Binaan Yang Terdampak Banjir.

BERITA

Babinsa komsos dengan warga binaan di salah satu warung.

BERITA

Pasca Panen, Koptu Welly Ersan Dampingi Penjemuran Padi.

BERITA

Koramil 419-03/Tungkal Ilir Gencarkan Serbuan Vaksinasi.

BERITA

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Dampingi Petani Mengecek Pertumbuhan Bibit Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Beri Semangat Kepada Peserta Vaksinasi.

BERITA

Babinsa dan petani pantau pertumbuhan padi.

BERITA

Perbaiki Lapangan Voli, Satgas TMMD Kodim Tanjab Motivasi Warga Untuk Berolahraga.