Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Selasa, 17 September 2019 - 08:38 WIB

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Berikan Sosialisasi Serta Himbauan Karhutla Kepada Masyarakat.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Disela-sela kegiatan patroli karhutla yang dilakukannya, Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Serda Abral Saleh juga memberikan sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat.

Sosialisasi dan himbauan tersebut berisikan tentang bahaya dan dampak negatif dari kebakaran hutan dan lahan terhadap warga Desa Betara Kanan, Kec. Kuala Betara, Kab. Tanjab Barat, Selasa (17/09/19).

Adanya kegiatan sosialisasi dan himbauan seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum masyarakat terhadap bahaya dan dampak negatif kebakaran hutan dan lahan.

“Tentunya yang menjadi sasaran sosialisasi ini adalah seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan,” ujar Serda Abral Saleh.

BACA JUGA  waspada terhadap hama, babinsa dan petani cek perkembangan tanaman padi.

“Hal hal yang tidak dibenarkan adalah membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara dibakar, membuang puntung rokok sembarangan maupun membuat api dekat lahan ataupun hutan karena hal tersebut sangat rentan membesar dan meluas,” terangnya.

Lebih lanjut Serda Abral Saleh mengatakan bahwa aksi bakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga sebagai babinsa dirinya merasa perlu untuk mendatangi warga dan memberikan sosialisasi agar warga bisa sadar dan bersama-sama memerangi karhutla.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Warga Melakukan Penyemprotan Disinfektan.

“Caranya adalah dengan mendatangi warga desa untuk meningkatkan komunikasi sosial serta menyampaikan himbauan terkait larangan karhutla,” jelasnya.

“Pada prinsipnya warga sangat mendukung kegiatan ini dan akan bersama-sama menjaga hutan dan lahan agar tidak sampai terjadi kebakaran,” pungkasnya.

Sementara itu Danramil 419-03/Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandy mengatakan bahwa hal yang dilaksanakan oleh Babinsa tersebut sudah sesuai dengan arahan dan petunjuk Komandan Kodim yang memerintahkan seluruh jajaran untuk melakukan patroli dan sosialisasi karhutla sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Hadiri Musyawarah Desa Guna Menyusun RKPDes TA. 2020.

Berita Koramil

Serda M. Erwin Selaku Babinsa Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Pantau Bongkar Muat Kapal KMP Sembilang.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Bersama Masyarakat Bergotong Royong Membangun Rumah Warga.

Berita Koramil

Serda Bujang Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Bantu Petani Monitoring Pertumbuhan Jagung.

Berita Koramil

Demi Suksesnya Swasembada Pangan, Serda Mujais Bantu Petani Tanam Padi.

Berita Koramil

Babinsa Sertu Ajran Lubis Dampingi Petani Panen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala Desa Mendahara Tengah.

Berita Koramil

Babinsa Pelda Hendri Agustoni Hadiri Acara Gema Muharram & Santunan Anak Yatim.