Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa. Babinsa Rantau Makmur Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi. Manfaatkan Warung, Babinsa Rantau Badak Lamo Komsos Dengan Warga Binaan. Babinsa Dusun Kebun Dampingi Petani Menjemur Padi. Babinsa Muara Danau Komsos Dengan Warga Binaan.

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Senin, 9 September 2019 - 07:48 WIB

Babinsa Ramil 04/NP Terus Lakukan Pendampingan Terhadap Petani Jagung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Upaya untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan, termasuk swasembada pangan jagung terus dilakukan anggota Kodim 0419/Tanjab. Mengingat sebelumnya Kodim 0419/Tanjab telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur untuk mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan.

Bukan hanya padi dan kedelai saja, namun jagung juga sangat berpotensi meningkat khususnya di Kabupaten Tanjab Timur.

Salah satunya tanaman jagung milik bapak Umar Dani salah satu warga binaannya yang ada di Desa Telago Limo Kecamatan Berbak yang sedang dicek oleh Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Sutoyo.

BACA JUGA  Sebagai Ujung Tombak Satuan Babinsa Harus Serba Bisa Bukan Saja Memegang Senjata Tetapi Juga Bersawah.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini berupa pengecekan tanaman jagung yang sudah berumur 70 hari dengan luasan lahan ± 3 hektar, di areal perkebunan kelompok tani Usaha Bersama, Senin (09/09/19).

Sesuai instruksi dari Komandan Kodim 0419/Tanjab melalui Pasiter Kapten Inf Sartono yang memerintahkan kepada seluruh jajaran Koramil, dalam hal ini para Babinsa harus secara intensif melakukan pendampingan petani untuk memonitoring tanaman padi, jagung dan kedelai.

“Babinsa wajib turun ke sawah membantu petani dan melakukan pengecekan keadaan tanaman. Jangan lupa didata dan dilaporkan,” jelasnya.

BACA JUGA  Babinsa Serka Maulana Pimpin Upacara Bendera di SDN 046/X Desa Sungai Raya.

Serda Sutoyo menyampaikan bahwa pengecekan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan hama tanaman jagung. Disisi lain, kegiatan ini juga merupakan wujud dan peran serta Babinsa dalam tugas pendampingan guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Diharapkan dengan perawatan serta pengecekan yang dilakukan secara teratur seperti halnya penyiangan, penyemprotan hama dan lain sebagainya sehingga tanaman jagung ini akan tumbuh subur.

“Dengan demikian nantinya hasil panen dapat sesuai dengan yang diharapkan oleh petani khususnya bapak Umar Dani,” pungkas Serda Sutoyo. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Demi Sukseskan Program Hanpangan, Babinsa Muara Sabak Rutin Cek Perkembangan Tanaman Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Berikan Materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) Kepada Siswa/i Sekolah Dasar.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Bantu Petani Memindahkan Bibit Padi.

Berita Koramil

Tergabung Dalam Tim Terpadu Karhutla, Babinsa Lakukan Patroli dan Sosialisasi Karhutla.

Berita Koramil

Pendampingan Panen Merupakan Kegiatan Babinsa Dalam UPSUS Pajale Swasembada Pangan.

Berita Koramil

Babinsa 03/Tungkal Ilir Bersama PPL Dampingan Petani Panen Padi Seluas 2 Ha.

BERITA

Tingkatkan hanpangan, babinsa dan petani cek pertumbuhan padi.

Berita Koramil

Babinsa Serda Rahman Komsos Dengan Warga Untuk Memonitor Perkembangan Situasi.