Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Sabtu, 7 November 2020 - 13:13 WIB

Dandim 0419/Tanjab Imbau Warga Jangan Buka Lahan Dengan Cara Membakar.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P., meminta seluruh masyarakat mewaspadai kebakaran di lahan kosong.

“Lahan-lahan kosong atau tidak digarap oleh pemilik sangat rawan terjadi kebakaran akibat adanya unsur kesengajaan. Untuk itu semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan dan aktif mengantisipasi,” kata Letkol Inf Erwan Susanto di Kuala Tungkal, Sabtu (7/11/2020).

Menurut dia, unsur kesengajaan dominan menjadi penyebab kebakaran lahan karena proses membersihkan lahan dengan cara membakar semak belukar akan lebih cepat dan murah, serta tidak memerlukan tenaga yang banyak.

Sampai saat ini, masih ada oknum pemilik lahan yang lebih memilih membakar lahan untuk pembersihan dari semak belukar. Padahal cara tersebut jelas dilarang dan menjadi perhatian pemerintah.

BACA JUGA  Intensifkan Serbuan Teritorial, Babinsa Kopda Syawalludin Jadi Inspektur Upacara Bendera Senin.

Seperti yang dilaporkan oleh Danramil 01/Muara Sabak, tentang kejadian kebakaran lahan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dendang. Lahan tersebut merupakan lahan terbuka yang sudah siap ditanami sawit oleh pemilik lahan.

Tentunya hal tersebut akan menimbulkan kerugian baik untuk pemilik maupun orang lain.

“Di balik kemudahannya, membakar lahan menimbulkan banyak kerugian, baik untuk pemilik maupun orang lain. Apalagi pembakaran tidak dikendalikan serta dilakukan di lahan gambut,” katanya.

Selain sulit memadamkan kebakaran di lahan gambut, kata dia, kebakaran lahan juga akan berdampak terhadap kasus hukum, apalagi jika terbukti dilakukan dengan sengaja.

BACA JUGA  Jaga persatuan, babinsa komsos dengan warga binaan.

Dalam skala yang lebih besar, katanya, kebakaran lahan juga akan menimbulkan polusi udara yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Ia mengatakan kabut asap akibat kebakaran lahan juga mengganggu roda perekonomian daerah.

Kerugian lainnya, katanya, adalah terganggunya perjalanan masyarakat antar daerah mulai dari yang menggunakan transportasi darat hingga laut.

Pihaknya mengimbau warga Tanjab Barat bersama-sama mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan serta tidak membakar lahan untuk kepentingan pembersihan lahan dari semak belukar. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Serda Muliadi Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Lakukan Monitoring Tanaman Jagung.

Berita Koramil

Babinsa 03/Tungkal Ilir Berilaturahmi Dengan Warga Binaan di Warkop.

Berita Koramil

Petani Dibantu Bapak Babinsa Memanen Padi.

Berita Koramil

Di Waktu Luang Babinsa Koramil Nipah Panjang Mengajak Masyarakat untuk Mematuhi Protokol Kesehatan

BERITA

Berbuat terbaik untuk rakyat, Babinsa Dampingi petani cek tanaman padi

Berita Koramil

Babinsa Serka Hasan Basri Terus Lakukan Patroli Sambil Memberikan Sosialisasi Larangan Pembakaran Hutan dan Lahan.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/NP Tanam Jagung Berasama Petani.

Berita Koramil

Danramil Tungkal Ulu Hadiri Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaran Kegiatan Kelurahan.