Kuatkan Sinergitas, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Eratkan Silaturahmi Dengan Aparatur Desa. Peduli Terhadap Lingkungan, Babinsa Gotong Royong Bersihkan Bahu Jalan. Babinsa Lakukan Pendampingan Pemberian Santuan Kepada Ahli Waris Korban Keracunan Gas. Cegah Generasi Penerus Tertular Covid-19, Babinsa Bagikan Masker Kepada Anak Sekolah. Sertu Gopal Dampingi Petani Wilayah Binaan Meninjau Pertumbuhan Tanaman Padi.

Home / BERITA / Kegiatan Dandim / KEGIATAN KODIM 0419

Rabu, 16 Juni 2021 - 18:35 WIB

Hadir Pada Sosialisasi Karhutla , Dandim : Penanggulangan Bencana Bagian Dari Tugas Pokok TNI

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol inf Erwan Susanto, S.IP, hadir pada kegiatan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) dari dinas Kehutanan Propinsi Jambi bertempat di Kantor Camat Kelurahan Lubuk Kambing Kecamatan Renah Mandaluh, Rabu (16/6).

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, antara lain Kepala dinas Kehutanan Propinsi diwakili Manalu, Camat Renah Mandaluh, Bambang Herman SE, Danramil 419-02/ Tungkal ulu Kapten Inf A. Taufik, Kapolsek Merlung AKP Marwiyansah. SH. MH, Sekcam, Lurah dan Kades Se Kec. Renah Mandaluh, BKTM Se Renah Mandaluh, Babinsa se Kec. Renah Mandaluh serta masyarakat.

Camat Renah Mendaluh menyampaikan terimakasih atas kehadiran Dandim dan Kepala Dinas kehutanan Propinsi Jambi beserta rombongan dalam kegiatan sosialisasi penecegahan kebakaran hutan dan lahan yang laksanakan.

BACA JUGA  KASDAM II/SWJ BERANGKATKAN SATGAS OPS PAMTAS DARAT RI - TIMOR LESTE.

Adapun tahapan sosialisasi yang dilaksanakan yakni Pengendalian kebakaran hutan dan lahan disektor kehutanan oleh Dinas Propinsi Jambi, Peran TNI dalam pencegahan hutan dan lahan oleh Korem 042/Gapu dan Kodim 0419/ Tanjab, Penegakan Hukum Kebakaran hutan dan lahan oleh Polda Jambi dan Polres Tanjung Jabung Barat, serta Mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan oleh BPBD Propinsi Jambi.

Dandim 0419/ Tanjab, dalam materinya menyampaikan terkait dengan masalah Karhutla sudah merupakan perintah dari Presiden Republik Indonesia agar bersama seluruh aparatur Negara berkewajiban dan Pihak Perusahaan dalam pencegahan Karhutlah ini diseluruh Nusantara ini

“Peran TNI ini dalam penanggulangan bencana merupakan bagian dari salah satu Tugas Pokok TNI sesuai Undang-Undang TNI No 34 disamping tugas operasi Militer,” jelas Dandim.

BACA JUGA  Babinsa Desa Bukit Indah Ingatkan Warga Agar Tetap Terapkan Protkes

Dari pihak Polres Tanjab Barat diwakili Kapolsek Merlung dalam penyampaian materi dapat dijelaskan dalam bentuk slide.

Polri Berharap dalam pencegahan Karhutlah ini butuh sinegritas bersama dan bukan hanya tugas TNI-Polri.

“Polri tidak bosan-bosannya bersama TNI menghimbau kepada masyarakat lewat para Kades/Lurah yang hadir untuk tidak membakar lahan saat membuka lahan pribadi atau kebun,” ujranya.

Disebutkan, Sudah Jelas ada sangsi pidana sudah diatur dalam Pasal 69 ayat 1 huruf f tentang Larangan membuka lahan dengan cara membakar dan Pidana 3 Tahun s.d 10 Tahun serta denda 10 Milyar.(put/pentjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Koptu Timur Yono Dampingi Petani Lakukan Pengecekan Tanaman Jagung.

BERITA

Para Isteri Prajurit Kodim 0419/Tanjab Menggelar Aksi Bagi-Bagi Takjil Gratis.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Selenggarakan Apel Babinsa Triwulan III Bulan Agustus.

BERITA

Kodim Tanjab Distribusikan Alat Semprot Disinfektan ke Jajaran Koramil.

BERITA

Hut Bhayangkara Ke-75, Bupati Bersama Dandim Tanjab dan Kapolres Laksanakan Gerakan Bermakna

BERITA

Babinsa bantu petani melakukan pengolahan lahan guna tanam padi

BERITA

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Bantu Warga Binaan Menjemur Padi.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Hadiri Peresmian Gedung Baru Polres Tanjab Barat.