Babinsa Turut Hadir dalam Konvergensi Lintas Sektoral dan Lintas Program dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Babinsa Koramil 419-07/Merlung Laksanakan Penyelidikan Keberadaan Gajah Liar di Wilayah Kecamatan Renah Mendaluh Pabungdim 0419/Tanjab Turut Hadir dalam Meriahkan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Kegiatan Jam Komandan Danramil 419-02/T.Ulu Diisi dengan Pengecekan HP Anggota Guna Mencegah Judi Online Danramil 419-03/Tungkal Ilir Laksanakan Pengecekan HP Prajurit

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:04 WIB

Kodim 0419/Tanjab dan Jajarannya Terus Melakukan Tindakan Pencegahan Karhutla.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Walaupun musim penghujan masih belum berakhir namum Kodim 0419/Tanjab dan jajarannya terus melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Serda Sugianto Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu yang giat melaksanakan patroli dan sosialisasi tentang larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan di RT 08 Kelurahan Rantau Badak Kecamatan Muara Papalik Kab. Ganjung Jabung Barat. Selasa (19/3/2019).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Serda Sugianto selaku Babinsa sangat mengharapkan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hugan dan lahan secara sembarangan.

BACA JUGA  Sinergi bersama petani, Babinsa bantu petani menanam padi

“Membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar merupakan tindakan yang melawan hukum dan dapat diancam dengan hukuman pidana penjara serta denda yang besar,” jelas Serda Sugianto kepada warga.

Lebih lanjut Serda Sugianto mengatakan, membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan tidak harus dilakukan dengan cara membakar, karena sekarang sudah banyak teknologi pertanian yang bisa digunakan untuk membuka lahan serta menyuburkan tanah.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 03/Tungkal Ilir Ajak Petani Cek Langsung Kondisi Bibit Padi.

“Memang budaya orang tua kita jaman dahulu apabila mau bercocok tanam harus dengan cara membakar lahan dengan maksud supaya tanah menjadi subur. Tapi itu jaman dulu yang teknologi ertanian tidak semaju sekarang ini,” kata Serda Sugianto.

Sebagai Babinsa yang bertugas di desa kita harus bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya dan dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut bagi lingkungan, kesehatan maupun kegiatan ekonomi warga,” pungkas Serda Sugianto. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Danramil 01/Muara Sabak Hadiri Rapat Analisa dan Evaluasi Karhutla Kab. Tanjab Timur.

BERITA

Babinsa Dampingi Pengecekan Pertumbuhan Tanaman Padi Kepada Petani

Berita Koramil

Biarpun Lebaran Sudah Di Depan Mata, Babinsa Terus Dampingi Petani Ke Sawah.

Artikel

Mengenenal Lebih Dekat Dengan Warga Binaan, Sertu Sutrianto laksankan Komsos

BERITA

Babinsa Dampingi Petani Mengecek Pertumbuhan Padi

Berita Koramil

Bintara Pembina Desa Ramil 02/Tungkal Ulu Lakukan Monitoring Tanaman Padi Milik Petani.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/TI Rangkul Pemuda Desa Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Serda Rahman Bersama Petani Semprot Tanaman Padi Demi Cegah Hama Padi.