Babinsa Turut Hadir dalam Konvergensi Lintas Sektoral dan Lintas Program dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Babinsa Koramil 419-07/Merlung Laksanakan Penyelidikan Keberadaan Gajah Liar di Wilayah Kecamatan Renah Mendaluh Pabungdim 0419/Tanjab Turut Hadir dalam Meriahkan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Kegiatan Jam Komandan Danramil 419-02/T.Ulu Diisi dengan Pengecekan HP Anggota Guna Mencegah Judi Online Danramil 419-03/Tungkal Ilir Laksanakan Pengecekan HP Prajurit

Home / Berita Koramil

Jumat, 13 September 2019 - 08:23 WIB

Pelda Sana Chandra Selaku Babinsa 01/Muara Sabak Rutin Laksanakan Patroli Disertai Sosialisasi Karhutla Di Wilayah Binaan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Kodim 0419/Tanjab dan jajarannya terus melakukan tindakan pencegahan dan antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Pelda Sana Chandra, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak yang giat dan rutin melaksanakan patroli disertai sosialisasi Karhutla di wilayah binaannya, Kelurahan Parit Culum 1, Kec. Sabak Barat, Kab. Tanjab Timur, Jumat (13/09/19).

Dalam kegiatan patroli tersebut, Pelda Sana Chandra selaku Babinsa sangat mengharapkan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

BACA JUGA  Babinsa Bantu Petani Desa Binaan Lakukan Penanaman Bibit Padi

“Membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar merupakan tindakan yang melawan hukum dan dapat diancam dengan hukuman pidana penjara serta denda yang besar,” jelasnya kepada warga.

Lebih lanjut Pelda Sana Chandra juga mengatakan, membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan tidak harus dilakukan dengan cara membakar, karena sekarang sudah banyak teknologi pertanian yang bisa digunakan untuk membuka lahan serta menyuburkan tanah.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak dampingi petani lakukan pemantauan tanaman padi.

“Memang budaya orang tua kita jaman dahulu apabila mau bercocok tanam harus dengan cara membakar lahan dengan maksud supaya tanah menjadi subur. Tapi itu jaman dulu yang teknologi pertanian tidak semaju sekarang ini,” katanya.

Sebagai Babinsa yang bertugas di desa kita harus bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya dan dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut bagi lingkungan, kesehatan maupun kegiatan ekonomi warga,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Koptu Teguh : Gulma Sangat Mengganggu Pertumbuhan Tanaman Padi.

BERITA

Dimasa pandemi, babinsa tetap semangat dampingi petani cek pertumbuhan padi.

BERITA

Babinsa Laksanakan Pendampingan Penanaman Padi

BERITA

Babinsa Lakukan Pendampingan Peninjauan Tanaman Padi

Berita Koramil

Babinsa Sungai Nibung Lakukan Pendampingan Terhadap Petani.

BERITA

Upaya cegah hama, babinsa dan petani lakukan penyemprotan tanaman padi

BERITA

Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Ajak Warga Patroli Karhutla.

Berita Koramil

Babinsa Serda Rahman Melakukan Pendampingan Terhadap Petani di Wilayah Binaan.