Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Senin, 11 November 2019 - 15:00 WIB

Serma Juhendri Selaku Babinsa Membantu Petani Buat Penyemaian Benih Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serma Juhendri petani melaksanakan pembuatan lahan penyemaian benih padi dalam rangka pendampingan Upsus Pajale serta turut menyukseskan Program Swasembada Pangan di wilayah.

Adapun penyiapan lahan penyemaian bibit padi tersebut dilakukan dilahan sawah seluas ½ hektar milik bapak Sukri, anggota kelompok tani Karya Mukti di Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjab Barat, Sabtu (11/11/19).

Serma Juhendri mengatakan bahwa persemaian merupakan hal yang penting dalam pertanian, termasuk penyiapan lahan tempat pembibitan tanaman padi. “Beberapa faktor yang meningkatkan pertumbuhan tanaman pada persemaian yang dipersiapkan yaitu penyiapan lahan semai, jenis dan varietas tanaman yang tentu saja harus unggul dan bagus,” ungkapnya.

BACA JUGA  Antisipasi Banjir, Babinsa Lakukan Pengecekan Debit Air Sungai.

Menurutnya, dalam bercocok tanam padi, benih padi yang bagus dan unggul akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit, selain itu pertumbuhannya juga bagus, waktu panen yang lebih singkat serta hasil panen yang optimal,” jelasnya.

Selain melakukan pendampingan penyiapan lahan tempat penyemaian, Serma Juhendri dalam kesempatan itu juga mengajak dan menghimbau kepada kelompok tani Karya Mukti agar serentak menyiapkan jala untuk mengantisipasi adanya hama padi yang dapat merusak pembibitan padi milik mereka.

BACA JUGA  Koptu Timur Yono Dampingi Warga Binaan Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi.

Kehadiran Babinsa ditengah-tengah petani tentunya membuat para petani sangat senang.

Atas pendampingan yang dilakukan Babinsa tersebut, Sukri mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran Serma Juhendri selaku Babinsa. “Kita senang Babinsa bisa hadir ditengah-tengah kita. Setidaknya dapat terbantu untuk penyiapan lahan tempat penyemaian bibit benih padi,” ungkapnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Talang Babat Dampingi Poktan Semprot Hama Padi.

BERITA

Danramil 419-02/Tungkal Ulu Menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PPS Pilkada Serentak Tahun 2020 Se-Kecamatan Merlung

Berita Koramil

Danramil Nipah Panjang Ingatkan Selalu Terapkan Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi.

Berita Koramil

Bersama PPL, Serka Juhendri Sebagai Babinsa Lakukan Pendampingan Panen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Peltu S.A. Sinurat Hadiri Upacara Penutupan Jambore Ranting Nipah Panjang Tahun 2019.

Artikel

Pabung 0419/Tanjab menghadiri kegiatan Kunjungan kerja Mentri lingkungan hidup dan kehutanan RI.

BERITA

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Lakukan Pendampingan Kepada Petani.

Berita Koramil

Tingkatkan Serbuan Teritorial, Babinsa Sambangi Tokoh Pemuda Dusun Delima.