Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 6 Juni 2020 - 13:15 WIB

Guna Menngatasi Kekurangan Pangan Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Bekerjasama dengan Kelompok Tani Manunggal Makmur

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Serda Sutoyo dalam kegiatan program Ketahanan Pangan di Wilayah Koramil 419-04/Np.Panjang mengadkaan kerjasama dengan kelompok tani Manunggal Makmur dalam pengolaan kolam ikan dilahan milik kelompok tani tersebut di SK 5 desa Rantau makmur Kec. Berbak. Sabtu (06/06/2020).

Menurut Serda Sutoyo kerjasama swadaya ikan ini bisa menjadi bagian dari Ketahanan Pangan untuk warga sekitar desa dalam situasi dan kondisi pendemi Covid -19 saat ini dalam mengatasi kekurangan pangan.

BACA JUGA  Babinsa Ajak Warga Ciptakan Suasana Kondusif Di Bulan Ramadhan

Dalam pengolaan swadaya ikan tawar ini diadakan pembuatan kolam seluas 0,5 ha dengan jenis bibit ikan patin sebanyak 7000 ekor dan ikan Nila 20.000 ekor ditambah dengan bantun dari dinas Perikanan Kabupten Tanjabtim sebanyak 11.000 ekor dan swadaya sebanyak 9000 ekor.

Menurut Serda Sutoyo ikan swadaya ini dapat diperjual belikan kepada warga sekitarnya dengan harga ikan patin harga Rp 13000/ kg dan Ikan Nila seharga Rp 25.000/kg dan warga sekitarnya sudah ada jual-beli antara petani dan warga sekitarnya.

BACA JUGA  Babinsa Serda Ambri Rutin Dampingi Petani Cek Tanaman Padi.

Setelah Danramil 419-04/Np.Panjang mendapatkan laporan kegiatan Serda Sutoyo ini sangat merespon positif dan memberikan pesan agar babinsa tetap bekerjasama dengan kelompok tani untuk memajukan perkembangan swadaya ikan tersebut di desa Rantau makmur.(pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Simpang Datuk Lakukan Pengecekan Brigade Alat Dan Mesin Pertanian.

Berita Koramil

Sinergitas Babinsa Koramil Nipah Panjang Dengan Polsek Mengamankan Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2019.

Berita Koramil

Serda Mujais Afarius Bersama Petani Membersihkan Sisa-Sisa Batang Padi dan Rumput.

BERITA

Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Dampingi Warga Lakukan Pengecekan Tanaman Jagung.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Siaga Menghadapi Penetapan Hasil Pilpres 22 Mei 2019.

BERITA

Keakraban Terjalin Antara Babinsa Dan Warga Binaan

Berita Koramil

Setelah Proses Tanam Selesai, Babinsa Ajak Petani Memupuk Tanaman Padi.

Berita Koramil

Demi Kejar Target LTT OKMA 2018/2019, Babinsa 03/TI Dampingi Petani Tanam Padi.